#AkuBaca dan Upaya Memperkuat Gerakan Literasi Nusantara

Kompas.com - 23/04/2019, 18:28 WIB
Kompas Gramedia menginisiasi #AkuBaca sebagai sebuah gerakan berkesinambungan yang berupaya memajukan literasi di Indonesia, khususnya dalam hal penumbuhan minat baca. Dok. Humas KGKompas Gramedia menginisiasi #AkuBaca sebagai sebuah gerakan berkesinambungan yang berupaya memajukan literasi di Indonesia, khususnya dalam hal penumbuhan minat baca.

KOMPAS.com - Selaras dengan visi misi mencerahkan masyarakat, Kompas Gramedia komitmen untuk berperan dan berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Semuanya terangkum dalam program-program Inspirasi Pendidikan Kompas Gramedia.

Peran Kompas Gramedia memajukan pendidikan di Indonesia ini juga diejawantahkan melalui salah satu terapan program CSR-nya yakni "Gerakan Literasi Nusantara" yang dinamai #AkuBaca.

Inisiasi gerakan #AkuBaca dilatari kondisi minat baca masyarakat Indonesia yang tergolong masih rendah.

Syarat utama pendidikan

Riset UNESCO tahun 2012 mendapati indeks minat baca Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, dari 1.000 penduduk hanya ada 1 orang suka membaca.

Sementara itu, berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” dilakukan Central Connecticut State Univesity bulan Maret 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca. Hanya setingkat di atas Bostwana (61).

Baca juga: Keterlibatan Keluarga dalam Literasi Keluarga Masih Kurang

Padahal membaca merupakan aktivitas dan fungsi dasar yang amat penting bagi literasi hidup manusia, yakni proses mengetahui, mempelajari dan menginterpretasi berbagai macam hal dalam kehidupan.

Dengan kata lain, membaca adalah prasyarat utama bagi setiap insan pelaku pendidikan.

Jembatan perubahan

Melihat kondisi ini, Kompas Gramedia menginisiasi #AkuBaca sebagai sebuah gerakan berkesinambungan yang berupaya memajukan literasi di Indonesia, khususnya dalam hal penumbuhan minat baca.

Gerakan #AkuBaca diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei 2017 bersama para tokoh literasi nasional seperti Najwa Shihab, Ninok Leksono, Butet Manurung, Nirwan Arsuka, Gol A Gong, serta para penggerak literasi lainnya.

Dalam prosesnya, gerakan #AkuBaca digeluti banyak relawan, komunitas dan taman baca dari berbagai daerah seantero Nusantara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X