Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Sekolah Luar Negeri Kini Berbasis Teknologi

Kompas.com - 28/04/2019, 21:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Minat pelajar Indonesia menuntut ilmu di luar negeri terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan studi organisasi Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia terdapat lebih dari 35 ribu siswa Indonesia belajar ke luar negeri setiap tahun.

Ini menjadikan Indonesia menjadi kandidat terkuat dalam pertumbuhan industri pendidikan secara global. Berdasarkan Quick Count Achievement SUN Education 2018 disimpulkan terjadi peningkatan jumlah pelajar Indonesia yang berkuliah ke luar negeri dalam setahun terakhir.

"Trend pertumbuhan siswa Indonesia yang belajar ke luar negeri cenderung signifikan, bisa mencapai angka 15-20 persen. Namun bila dibandingkan negara lain jumlah ini masih belum optimal. Kalau kita bicara China, mereka setiap tahun mengirimkan 500 ribu siswa belajar di luar negeri," ujar CEO SUN Education, Fredy Subrata.

Ia menambahkan, "Indonesia masih memiliki potensi karena market kita besar apalagi mengingat proporsi 55 persen penduduk kita  kita generasi muda. Itu mengapa jumlah pelajar Indonesia yang belajar ke luar negeri setiap tahun selalu naik."

Negara favorit destinasi studi

Dalam kesempatan peluncuran “SUN Education Mobile App” di The Ritz-Carlton Jakarta-Pasific Place (28/4/2019), kepada Kompas.com Fredy menyampaikan 5 negara favorit yang menjadi destinasi studi pelajar Indonesia yakni:

1. Australia

2. Amerika

Baca juga: Terbaru, Daftar 10 Universitas Terbaik Asia Versi QS World 2019

3. Inggris

4. Singapura

5. China 

"Awalnya Amerika menjadi favorit tujuan, namun kini Australia telah berkembang memiliki banyak universitas terbaik yang masuk dalam ranking dunia selain faktor jarak yang dekat dengan Indonesia," jelas Fredy.

Fredy menambahkan, "Selain Inggris yang sedang naik pamor, Selandia Baru, Belanda, Jerman dan juga Malaysia kini banyak dilirik oleh pelajar Indonesia.

Berburu studi berbasis aplikasi

Guna mempermudah proses pencarian informasi, pendaftaran dan juga untuk menjangkau siswa yang lebih luas lagi, SUN Education meluncurkan SUN Education Mobile App.

“Melalui SUN Education Mobile App, kami menawarkan cara baru bertemu konsultan pendidikan tanpa harus datang ke kantor kami sejak awal. Aplikasi ini menyediakan informasi lengkap dan terpercaya seputar studi ke luar negeri yang dapat diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun," jelas Fredy.

Fredy melanjutkan, "Setiap orang bisa mengakses informasi mengenai negara tujuan studi, institusi, serta program-programnya lengkap dengan persyaratan dan biaya yang dibutuhkan."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com