ITS: 4 Tahap Penting Kembangkan Literasi Finansial bagi Milenial

Kompas.com - 12/05/2019, 22:39 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Hubungan generasi milenial dan teknologi tidak bisa dipisahkan bahkan ketergantungan keduanya bisa terjadi dalam segala aspek termasuk bidang keuangan atau finansial.

Hal ini menjadi poko bahasan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat "Kuliah Tamu Pojok Literasi" Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Auditorium Pascasarjana ITS, Kamis (9/5/2019).

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim (IKPM) Kemkominfo, Septriana Tangkary menyampaikan mahasiswa sekarang didominasi generasi milenial yang rentan problematika finansial.

Baca juga: Kang Emil Tak Ingin Program Literasi Hanya Jadi Seremonial Belaka

Berikut beberapa tahapan yang perlu dikembangkan mahasiswa generasi milenial dalam mengembangkan literasi finansial di era digital:

1. Perencanaan keuangan

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal peran generasi milenial dalam perkembangan ekonomi Indonesia sangat penting. “Sebab pada 10 tahun ke depan, para milenial ini yang akan mendominasi jumlah tenaga kerja produktif di Indonesia,” ujar Septiriana dikutip dari laman resmi ITS.

Karena itu, Septriana Tangkary saat memberikan materi peran anak muda di era digital mengajak para peserta khususnya mahasiswa untuk tahu bagaimana cara merencanakan keuangan milenial secara cerdas.

“Generasi milenial perlu meningkatkan kemampuan dan kreativitas personal maupun kelompok, sebab kontribusi mereka akan berpengaruh dalam bidang ekonomi kreatif khususnya yang berbasis teknologi,” ujarnya.

2. Sehatkan cash flow

Pembicara lain, Melvin Mumpuni (Founder dan CEO Finansialku.com) menyampaikan untuk mewujudkan hal tersebut generasi milenial perlu cakap dalam mengatur keuangan. Mahasiswa harus paham tingkat pengelolaan keuangan apa yang harus dikuasai dahulu.

Dalam piramida keuangan yang terdiri dari fase kebutuhan, keuntungan, dan distribusi, secara finansial mahasiswa masih dalam tingkat kebutuhan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.