Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Act of Green" Binus School, Langkah Kecil untuk Perubahan Lingkungan

Kompas.com - 22/05/2019, 11:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bina Nusantara (Binus) School Serpong mengajak siswa-siswi bergabung dalam gerakan global dan mengambil tindakan nyata untuk membalikkan perubahan iklim dan melestarikan lingkungan melalui Program Outreach.

Tahun ini Outreach mengangkat tema "Kind Acts of Green". Program ini mengajak siswa untuk berkontribusi dalam program penghijauan. Tidak hanya murid, orangtua dan juga guru turut terlibat aktif peduli terhadap lingkungan lewat program ini.

Dalam kegiatan rutin tahunan peduli lingkungan ini, siswa diajak mencari donasi yang akan digunakan membeli bibit tanaman, serta melakukan aksi pengurangan dan daur ulang plastik.

"Tujuannya adalah untuk membangun kesadaran dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan, bahkan melalui program ini diajak terjun langsung mengambil aksi perbaikan lingkungan," ujar Angel, Humas Binus School Serpong.

Baca juga: Siswa SD Perlu untuk Belajar Keberagaman Agama secara Kontekstual

Program penghijauan tahun ini melibatkan siswa kelas 1, 2 dan 6. Seluruh kegiatan mulai dari penggalangan dana, pembelian bibit tanaman, hingga menanam bibit tersebut di lokasi pilihan dilakukan siswa.

Siswa kelas 1 dan 2 Binus School Serpong berhasil mengumpulkan lebih dari 300 bibit untuk ditanam di Taman Kota 2 Tangerang, sedangkan kelas 6 mengumpulkan lebih dari 70 pohon mangrove dan menanamkannya langsung di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk.

Tahun ini program Outreach dari Binus School Serpong mengangkat tema Kind Acts of Green yang mengajak siswa berkontribusi dalam program penghijauan dengan turut melibatkan orangtua dan guru (8-9/5/2019).Dok. Binus School Serpong Tahun ini program Outreach dari Binus School Serpong mengangkat tema Kind Acts of Green yang mengajak siswa berkontribusi dalam program penghijauan dengan turut melibatkan orangtua dan guru (8-9/5/2019).

Sepanjang kegiatan berlangsung, meskipun melalui perjalanan yang panjang, panas, dan melelahkan, namun siswa-siswi terlihat menikmati setiap kegiatan yang dilakukan. 

Pada saat sama, siswa kelas 3 dan 4 juga melakukan kegiatan pengurangan plastik di area sekolah. Kelas 3 mengumpulkan sampah botol plastik di sekolah untuk diolah dan digunakan membuat atap.

Selama melakukan daur ulang, siswa kelas 3 mendapat pendampingan dari Komunitas Kebun Darling mengenai cara mendaur ulang sampah plastik sedangkan siswa kelas 4 mendapat pendampingan dari Group of Deaf People (Komunitas Tunarungu).

Sebelumnya, para siswa melakukan penggalangan dana mendukung komunitas tersebut lewat kegiatan garage sale dan program menabung sekolah "Piggy Bank Saving".

"Program peduli lingkungan ini merupakan salah satu perwujudan dari visi Binus School Serpong untuk membentuk individu berkarakter moral dan bermental pemimpin yang inovatif untuk berkontribusi dalam komunitas lokal dan dunia," ujar Angel.

Angel menambahkan, "Binus School Serpong percaya bahwa karakter yang peduli, termasuk pada kepedulian lingkungan, harus ditanamkan sejak dini dan dimulai dari hal terkecil yang dapat dilakukan oleh anak-anak, calon pemimpin bangsa."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com