Kompas.com - 27/05/2019, 19:59 WIB
Samsuri Firdaus, mahasiswa Sastra Arab UI angkatan 2017 asal Bima-NTB berhasil menjadi Juara 1 Musabaqah Hifdz al-Qur?an (MTQ) internasional ke-7 di Istanbul, Turki pada Minggu (26/5/2019). Dok. UISamsuri Firdaus, mahasiswa Sastra Arab UI angkatan 2017 asal Bima-NTB berhasil menjadi Juara 1 Musabaqah Hifdz al-Qur?an (MTQ) internasional ke-7 di Istanbul, Turki pada Minggu (26/5/2019).

KOMPAS.com - Kabar gembira di bulan Ramadhan ini datang dari Samsuri Firdaus, mahasiswa Sastra Arab UI angkatan 2017 asal Bima-NTB berhasil menjadi Juara 1 Musabaqah Hifdz al-Qur’an (MTQ) internasional ke-7 di Istanbul, Turki pada Minggu (26/5/2019).

Penghargaan diserahkan langsung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan disaksikan undangan Kementerian Agama Turki, wakil Konsulat Jenderal negara sahabat termasuk KJRI Istanbul yang diwakili PF Pensosbud, Iwan Wijaya M.

Ajang ini diselenggarakan The World Association for Al-Azhar Graduates (WAAG) bekerja sama pemerintah Turki ini dan dikuti 68 negara Islam di Timur Tengah dan Eropa, termasuk Mesir dan Libya.

Baca juga: Terkait Pelaksanaan Pemilu 2019, Ini 4 Pernyataan Sikap Mahasiswa

Dalam lomba tingkat internasional ini, terdapat dua cabang, yaitu cabang MTQ dan Musabaqah Hifdz al-Qur’an (MHQ).

Dalam kegiatan tersebut, Samsuri yang pernah meraih Juara I kategori Anak-anak MTQ Tingkat Nasional ini berkesempatan diundang langsung Imam Besar Masjid Sultan Ahmed di Istanbul untuk mengaji di depan para jamaah setelah Salat Ashar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mahasiswa UI raih Juara 1 MTQ Internasional di TurkiDok. UI Mahasiswa UI raih Juara 1 MTQ Internasional di Turki

 

Para finalis berhak mendapat tiket umrah disediakan panitia dan sejumlah uang sebagai penghargaan.

Mahasiswa kelahiran 11 April 1999 ini terlahir sebagai anak pertama Syamsuri berprofesi sebagai buruh tani, dan ibunya berprofesi sebagai kuli pembuat bata.

Seperti diwartakan laman resmi UI, Syamsuri  pernah meraih juara 1 Nasional Tilawah Anak pada MTQ 2012 tingkat propinsi NTB. Kemudian diundang untuk mengikuti MTQ tingkat nasional di Maluku.

Pada tahun yang sama, Syamsuri mengikuti MTQ Asia di Singapura. Pada ajang tersebut, ia mendapat gelar juara 1. Semenjak itulah, namanya mulai dikenal. Bahkan pernah diundang untuk melantunkan ayat Alquran di istana negara.

Keikutsertaan Syamsuri mendapat bimbingan langsung dari Ali Sibromalisi, Wakil Kementerian Agama RI yang mendampingi sejak berada di Turki. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.