Kompas.com - 29/05/2019, 19:31 WIB
Peluncuran Student Company PT AIG Insurance Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) di Aula SMKN 38 Jakarta, Selasa (28/5/2019). Dok. PJIPeluncuran Student Company PT AIG Insurance Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) di Aula SMKN 38 Jakarta, Selasa (28/5/2019).

KOMPAS.com - Pelajar dari tiga SMA dan SMK di Jakarta memperkenalkan bisnis mikro ramah lingkungan dalam kegiatan "Peluncuran Student Company" PT AIG Insurance Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) di Aula SMKN 38 Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian program JA Student Company yang digagas untuk mendorong potensi bisnis dan mempersiapkan generasi muda Indonesia meraih kesuksesan masa depan melalui kewirausahaan.

Ketiga sekolah tersebut yaitu; SMAN 35 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, dan SMKN 38 Jakarta.

“Tahun ini merupakan tahun ke-2, AIG Indonesia bermitra dengan PJI dalam program JA Student Company. Kami sangat bangga melihat perkembangan kemampuan kewirausahaan, inovasi dan ide bisnis para siswa-siswi tingkat SMA dan SMK ini," ujar Direktur AIG Indonesia, Gevi Achdiat. 

Satu hal sangat menonjol adalah kepedulian siswa terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Hal ini diharapkan menjai bekal utama dalam menghadapi masa depan serta membangun bisnis yang berkelanjutan.

3 perusahaan siswa

Berangkat dari kepedulian untuk memiliki lingkungan yang lebih sehat sekaligus jeli melihat peluang dan tren yang berkembang di masyarakat, ketiga sekolah membentuk perusahaan siswa yang menjual produk ramah lingkungan, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Inovasi Siswa SMA di Ajang Lomba Jembatan Kayu Untar

1. SMAN 35 Jakarta mendirikan "SPACE Student Company" dengan produk "Plastage", bio-plastik kemasan makanan terbuat dari rumput laut. Produk ini menjadi solusi kemasan makanan sehat bagi tubuh manusia dan mudah terurai di lingkungan.

2. SMKN 27 Jakarta mendirikan "ALTA Student Company" dengan produk "Eco Leather Fashion Products", tas, alas kaki dan aksesori memanfaatkan daur ulang kulit singkong. Inovasi ini digagas sebagai upaya mengurangi penggunaan kulit sintetis dalam produk mode.

3. SMKN 38 Jakarta mendirikan "SMINKA Student Company" dengan produk "Libbro", lip tint terbuat dari buah bit. Kosmetik ini berfungsi sebagai pelembab dan vitamin bibir bebas bahan kimia dan berwarna natural sehingga aman dan cocok digunakan oleh pelajar.

Shakila Saka, pelajar SMKN 38 Jakarta mengekspresikan rasa antusias bisa bergabung dalam program Student Company, “Saya mendapatkan banyak wawasan baru seputar bisnis yang sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman untuk mengembangkan perusahaan kami."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.