Kompas.com - 01/06/2019, 18:54 WIB

KOMPAS.com - Hari Lahir Pancasila menjadi momentum membangkitkan semangat dan nilai persatuan. Hal ini mendorong Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Kantor LLDIKTI Wilayah III Jakarta, Cawang, Jakarta (1/6/2019).

Meski upcara peringatan bertepatan dekatnya libur Hari Raya, upacara tetap berjalan lancar dan penuh khidmat. Seluruh pegawai LLDIKTI III beserta peserta tambahan dari Direktorat Kementerian Ristekdikti dan Perguruan Tinggi di Wilayah Jakarta tetap hadir dalam mewujudkan penegakan kedisiplinan terhadap Negara.

"Pancasila adalah ideologi negara yang harus terus diperjuangkan. Nilai Pancasila harus ditanamkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menghormatinya, dengan memperingati hari lahir dalam bentuk upacara di lingkungan lembaga," tegas Samsuri, Sekretaris LLDikti III Jakarta.

Samsuri menambahkan, "Kebersamaan dan penuh harapan dari nilai Pancasila ini kami LLDikti bersama-sama ingin mewujudkan visi dan misi bangsa Indonesia. Kami juga berharap untuk dapat memajukan pembangunan, terutama dalam hal kualitas dan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, khusunya Jakarta."

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, ITB: Pancasila Inspirasi Politik Harapan

Dalam amanah upacara, Illah Saillah Kepala LLDIKTI Wilayah III membacakan sambutan Kepala BPIP.

"Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia," ujarnya.

Illah menambahkan, "Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila."

"Diharapkan melalui peringatan hari ini, Pancasila akan terus menjadi sumber inspirasi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita Indonesia, Kita Pancasila," tegas Illah Saillah.

Pada sesi akhir upacara, Illah Saillah dan Samsuri menutup dengan pembagian SK kepada 11 CPNS di lingkungan LLDikti Wilayah III Jakarta.

"Semoga nilai Pancasila selalu menjadi nilai sumber inspirasi bagi kami dalam melayani masyarakat," tutup Samsuri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.