Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Lahir Pancasila, LLDikti Jakarta: Pancasila Inspirasi Melayani

Kompas.com - 01/06/2019, 18:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Hari Lahir Pancasila menjadi momentum membangkitkan semangat dan nilai persatuan. Hal ini mendorong Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Kantor LLDIKTI Wilayah III Jakarta, Cawang, Jakarta (1/6/2019).

Meski upcara peringatan bertepatan dekatnya libur Hari Raya, upacara tetap berjalan lancar dan penuh khidmat. Seluruh pegawai LLDIKTI III beserta peserta tambahan dari Direktorat Kementerian Ristekdikti dan Perguruan Tinggi di Wilayah Jakarta tetap hadir dalam mewujudkan penegakan kedisiplinan terhadap Negara.

"Pancasila adalah ideologi negara yang harus terus diperjuangkan. Nilai Pancasila harus ditanamkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menghormatinya, dengan memperingati hari lahir dalam bentuk upacara di lingkungan lembaga," tegas Samsuri, Sekretaris LLDikti III Jakarta.

Samsuri menambahkan, "Kebersamaan dan penuh harapan dari nilai Pancasila ini kami LLDikti bersama-sama ingin mewujudkan visi dan misi bangsa Indonesia. Kami juga berharap untuk dapat memajukan pembangunan, terutama dalam hal kualitas dan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, khusunya Jakarta."

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, ITB: Pancasila Inspirasi Politik Harapan

Dalam amanah upacara, Illah Saillah Kepala LLDIKTI Wilayah III membacakan sambutan Kepala BPIP.

"Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia," ujarnya.

Illah menambahkan, "Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila."

"Diharapkan melalui peringatan hari ini, Pancasila akan terus menjadi sumber inspirasi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita Indonesia, Kita Pancasila," tegas Illah Saillah.

Pada sesi akhir upacara, Illah Saillah dan Samsuri menutup dengan pembagian SK kepada 11 CPNS di lingkungan LLDikti Wilayah III Jakarta.

"Semoga nilai Pancasila selalu menjadi nilai sumber inspirasi bagi kami dalam melayani masyarakat," tutup Samsuri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com