5 Kiat Pilih Jurusan Favorit di SBMPTN 2019

Kompas.com - 06/06/2019, 11:31 WIB
Ilustrasi generasi milenial bekerja monkeybusinessimagesIlustrasi generasi milenial bekerja

KOMPAS.com – Setelah menjalani Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) 2019 yang dilaksanakan dua gelombang pada April dan Mei lalu, selanjutnya para peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019.

Pendaftaran SBMPTN 2019 akan dilakukan pada 10-24 Juni 2019 dan hasilnya akan diumumkan pada 9 Juli 2019.

Para peserta SBMPTN pastinya akan memilih jurusan di PTN favorit masing-masing. Namun, keterbatasan daya tampung dan ketatnya persaingan masuk PTN membuat "pejuang SBMPTN" harus mengatur strategi dan memikirkan cara terbaik untuk bisa lolos SBMPTN.

Terkait hal itu, berikut 5 kiat berikut yang bisa dilakukan agar bisa diterima di jurusan impian: 

1. Yakin dengan pilihan

Peserta SBMPTN harus yakin jurusan yang dipilih sudah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan diri. Mintalah saran dan rekomendasi dari orang terdekat atau bila perlu berkonsultasi dengan tenaga profesional yang bisa dipercaya.

Baca juga: Menunggu Hasil SBMPTN 2019, Lakukan 4 Hal Ini

Perlu diingat, pertimbangan mereka hanya bersifat sebagai masukan. Keputusan menentukan pilihan tetap berada di tangan masing-masing.

Kesampingkan perasaan gengsi dan ikut-ikutan dengan teman. Sebab, saat nanti diterima di jurusan favorit itu, calon mahasiswa sendiri yang akan menjalani dan berjuang menyelesaikan hingga akhir studi.

2. Skor tinggi

Pastikan calon mahasiswa memiliki bekal berupa skor cukup untuk bisa lolos di SBMPTN tahun ini. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai jumlah skor minimal dibutuhkan.

Informasi didapat dari berbagai situs resmi pemerintah dan penjelasan sejumlah sumber yang banyak beredar di internet. Harap berhati-hati dalam menyaring informasi, perhatikan isi dan keterangan dan pastikan itu bisa dipercaya.

3. Tentukan prioritas

Sudah umum diketahui jurusan yang menjadi pilihan pertama merupakan akan menjadi prioritas penentu. Adapun pilihan kedua menjadi alternatif namun tetap harus dipilih sesuai kemampuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X