Menunggu Hasil SBMPTN 2019, Lakukan 4 Hal Ini

Kompas.com - 06/06/2019, 09:16 WIB
. THINKSTOCK.

KOMPAS.com – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 akan diadakan 10-24 Juni 2019 dan pengumuman hasil dipublikasikan pada 9 Juli 2019.

Itu artinya, peserta SBMPTN 2019 baru bisa mengetahui kelanjutan “nasib” mereka sekitar satu bulan lagi. Sambil menunggu hasil tersebut, para calon mahasiswa bisa melakukan berbagai kegiatan bermanfaat.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dikerjakan dalam sebulan ke depan:

1. Ikut kursus

Gunakan waktu selama satu bulan ini dengan mengikuti kursus singkat yang bisa menambah kemampuan dan keterampilan. Sesuaikan dengan minat dan bakat.

Siapa tahu melalui kursus ini nantinya bisa menggali kemampuan terpendam yang selama ini terabaikan dan belum pernah diasah lebih dalam, misal; kursus komputer atau perangkat elektronik, memasak, menjahit, kecantikan, dan otomotif.

Baca juga: Tinggal Seminggu Lagi, Ini Jadwal dan Syarat Daftar SBMPTN 2019

Perhatikan jadwal kursus tersebut, jangan sampai mengganggu jadwal berkaitan SBMPTN.

Sesuaikan juga biaya penyelenggaraan kursus. Usahakan biayanya tidak melebihi kemampuan keuangan atau orang tua sehingga tidak menambah beban finansial pada saat peserta diterima SBMPTN atau harus mendaftar ke perguruan tinggi swasta.

2. Buat alternatif rencana

Waktu senggang dalam satu bulan ini bisa juga dipakai memikirkan berbagai rencana ke depan. Salah satunya mencari informasi tentang PTS sebagai alternatif melanjutkan studi.

Sebab, banyak PTS menyediakan pendidikan berkualitas tidak kalah dari PTN, termasuk prospek di dunia kerja nantinya.

Beberapa hal patut menjadi pertimbangan dalam memilih PTS yakni mengenai akreditasi, peringkat, biaya kuliahnya, kualitas lulusan, dan lokasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X