"Hadiah Lebaran", Tim Olimpiade Fisika Raih 5 Medali Internasional

Kompas.com - 06/06/2019, 12:03 WIB
Kedatangan Tim Olimpiade Indonesia disambut langsung Suharlan (Kasubdit Kurikulum Direktorat PSMA) dan Alex Firngadi (Kasi Kepribadian)  pada hari Rabu (5/6/2019) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Dok. DIrektorat PSMAKedatangan Tim Olimpiade Indonesia disambut langsung Suharlan (Kasubdit Kurikulum Direktorat PSMA) dan Alex Firngadi (Kasi Kepribadian) pada hari Rabu (5/6/2019) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

KOMPAS.com - Kabar gembira datang sebagai "hadiah Lebaran", 6 siswa Indonesia berhasil menyabet medali emas, perak, dan perunggu di ajang "International The 3rd European Physics Olympiad (Eupho)" di Riga, Republik Latvia.

Acara EuPhO tahun ini diikuti 35 negara dengan jumlah delegasi lebih dari 250 orang. Negara peserta dari luar Eropa berasal dari Asia (Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Bangladesh), Afrika, Brasil dan Saudi Arabia dengan siswa peserta 165 siswa.

Setelah peserta mengikuti tahapan tes Fisika Eksperimen dan Fisika Teori dilanjutkan dengan tahapan koreksi oleh tim juri dan moderasi nilai, akhirnya pada hari Selasa, 4 Juni 2019 acara EuPhO ke 3 ditutup sekaligus pembagian medali.

Nyaris "KO"

Tahapan tes dilakukan dalam 2 gelombang. Tes pertama adalah Fisika Eksperimen dilakukan Sabtu, 1 Juni, dan kedua Fisika Teori pada Minggu, 2 Juni 2019.

Baca juga: Bangga, Tim Olimpiade Fisika Indonesia Raih 7 Medali di Ajang Asia

Masing-masing tes berlangsung selama 5 jam dan keduanya diselenggarakan di kampus Universitas Latvia. Tidak sedikit siswa yang dibuat “KO” lebih dahulu oleh soal Fisika Eksperimen yang jumlah soalnya sebenarnya sangat sedikit, hanya 1 halaman dengan 5 soal.

Soal tes EuPhO tahun ini topiknya cukup merata. Sebagaimana biasanya soal Fisika Eksperimen hanya terdiri dari 2 soal dengan nilai total 20.

Kedua soal tersebut pekerjaannya dilakukan dengan menggunakan satu alat eksperimen. Topik soal eksperimennya adalah tentang “gelombang radio”. Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk mempelajari sifat-sifat gelombang radio ketika merambat dalam medium yang berbeda (udara dan air).

Soal teori terdiri dari topik Mekanika, Elektrodinamika, Termodinamika, dan Hidrostatik. Soalnya diramu sedemikian sehingga merupakan gabungan dari beberapa topik Fisika.

Raih 5 medali

Seperti diwartakan laman resmi Direktorat PSMA, berikut prestasi yang diraih tim Olimpiade Fisika Indonesia:

1. Ivander Jonathan, dari SMA Mawar Sharon Christian, Surabaya (Emas)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X