Ini Dia, 15 SMA Negeri Terbaik Nasional UN 2019 Peminatan IPA

Kompas.com - 08/06/2019, 09:06 WIB
Sejumlah siswa belajar bersama seusai mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/4/2019). Sejumlah 42 siswa-siswi SMA mengikuti UNBK dengan empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Ingris dan Satu Mata Ujian Pilihan, selama empat hari. ANTARA FOTO/RAFIUDDIN ABDUL RAHMSejumlah siswa belajar bersama seusai mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/4/2019). Sejumlah 42 siswa-siswi SMA mengikuti UNBK dengan empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Ingris dan Satu Mata Ujian Pilihan, selama empat hari.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyerahkan hasil ujian nasional ( UN) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Atas ( SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan program kesetaraan Paket C kepada pemerintah daerah pada tanggal 3 Mei 2019.

Ujian nasional tahun 2019 diikuti 8,3 juta peserta didik dengan 103 ribu satuan pendidikan. Sebanyak 91 persen atau lebih dari 7,5 juta peserta didik dan warga belajar mengikuti UNBK. Jumlah peserta UNBK meningkat 19 persen dari jumlah peserta UNBK tahun 2018. 

Rata-rata nilai UN untuk semua jenjang dan mata pelajaran mengalami peningkatan.

"Sekarang ini (nilainya) murni, karena sudah hampir seratus persen menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Ternyata tahun ini menunjukkan kenaikan, meskipun sedikit. Saya kira ini perlu disyukuri. Sebuah titik awal yang baik," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno, dalam taklimat media tentang hasil UN tahun 2019, di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Sebagai cermin hasil pembelajaran, hendaknya hasil UN menjadi umpan balik peningkatan mutu pembelajaran di kelas. Kabalitbang menyatakan bahwa capaian hasil UN perlu dianalisa secara komprehensif untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi capaian.

15 SMA Negeri Peraih Rerata Tertinggi Nilai UN 2019 IPA Nasional

1. SMA Negeri Unggulan Mohammad: total rerata nilai UN 91,68

2. MA Negeri Insan Cendikia Serpong: total rerata UN 90,45

3. MA Negeri Insan Cendikia Pekalongan: total rerata UN 87,13

4. SMA Negeri 5 Surabaya: total rerata UN 86,95

Baca juga: 15 SMA Swasta Terbaik Nasional Peraih Nilai Tertinggi UN IPA 2019

5. SMA Negeri 8 Jakarta: total retata UN 86,55

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X