Tambah Kuota, Jawa Barat Siap Gelar PPDB 2019

Kompas.com - 14/06/2019, 22:19 WIB
Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, Iwa Karniwa mengecek kesiapan PPDB seluruh SMA/SMK/SLB di Jawa Barat melalui konferensi video di Command Center Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Kota Bandung, Kamis (13/6/2019). Dok. Disdik JabarKetua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, Iwa Karniwa mengecek kesiapan PPDB seluruh SMA/SMK/SLB di Jawa Barat melalui konferensi video di Command Center Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Kota Bandung, Kamis (13/6/2019).

KOMPAS.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat ( Jabar) sekaligus Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019, Iwa Karniwa mengecek kesiapan PPDB seluruh SMA/SMK/SLB di Jawa Barat melalui konferensi video di Command Center Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Kamis (13/6/2019).

"Secara keseluruhan, PPDB di Jabar sudah siap dilaksanakan. Insya Allah sama, bahkan lebih baik dari PPDB tahun sebelumnya," ungkap Iwa seperti dilansir dari laman resmi Disdik Jawa Barat.

Indikator kesiapan tersebut, tambahnya, meliputi ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, penguasaan informasi PPDB dari panitia penyelenggara, telah dilaksanakannya sosialisasi kepada masyarakat serta uji coba penerapan sistem PPDB di seluruh sekolah di Jabar.

Uji coba aplikasi PPDB

Kesiapan sarana dan penguasaan informasi oleh panitia PPDB di tingkat sekolah, lanjut Iwa, umumnya telah disiapkan dan memahami tugas serta fungsinya. "Panitia yang bertugas di tim teknologi dan informasi (TI) serta pemberkasan dan pengaduan, saya lihat semuanya telah menguasai dengan baik," ujanya.

Baca juga: Ingat, Seleksi PPDB Jakarta Ditentukan Hasil UN dan Waktu Mendaftar

Iwa menuturkan, di ranah sistem aplikasi PPDB, setelah dilakukan uji coba serempak seluruh SMA/SMK/SLB di Jabar hari ini, semua berjalan aman terkendali, tak ada kendala terjadi.

"Kita sudah lakukan uji coba dengan menginput data sebanyak 1 juta pendaftar dan tak ada kendala. Ini membuktikan bahwa sistem yang digunakan telah memadai," jelasnya.

Dalam konferensi video diikuti 54 sekolah dari berbagai kabupaten/kota di Jabar tersebut, Iwa memberi arahan kepada panitia PPDB di setiap sekolah agar menekankan pentingnya pendampingan calon peserta didik saat mendaftar.

"Mereka harus didampingi oleh orang tua, tidak boleh sendiri. Karena, biasanya kesalahan atau kegagalan input data terjadi karena siswa salah memasukkan data. Di sini juga dibutuhkan peran operator untuk mengedukasi pendaftar," tegasnya.

Sosialisasi dan tim pengaduan

Selain itu, Iwa juga menegaskan pentingnya sosialiasi PPDB 2019 yang ditujukan kepada seluruh calon peserta didik dan orangtua siswa yang akan mengikuti PPDB.

"Dari pemantauan, Alhamdulillah sosialisasi dilakukan panitia telah disampaikan dengan baik kepada orang tua murid. Baik kepada siswa SMP negeri maupun swasta, baik dilakukan langsung oleh kepala sekolah maupun masing-masing tim sosialisasi di setiap sekolah," ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X