Soal Sistem Zonasi PPDB 2019, Netizen "Curhat" di Akun Resmi Kemendikbud

Kompas.com - 19/06/2019, 08:04 WIB
Curhat Warganet soal PPDB 2019 Dok. Instagram KemendikbudCurhat Warganet soal PPDB 2019

KOMPAS.com - Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 yang telah dibuka di beberapa daerah mendorong warganet menyampaikan beragam masukan di akun resmi Instagram Kemendikbud @Kemdikbud.RI.

Berbeda dengan tahun lalu "curhat" netizen banyak diwarnai masalah penyalahgunaan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu), PPDB 2019 postingan warganet didominasi soal prioritas seleksi zonasi berbasis perhitungan jarak rumah ke sekolah.

Bagi beberapa warganet hal ini memunculkan soal di mana anak dengan nilai UN tinggi "kalah" dengan anak berdomisili lebih dekat sekolah yang diuntungkan dengan perhitungan zonasi berbasis jarak.

Kecewa soal jarak

Seperti disampaikan akun @o_cci_o: 

"Pak mohon maaf sebelumnya saya hanya mengeluarkan unek² saya, bayangkan pak jarak hanya 50m dari sekolah tapi nilai unbk 19 lalu dia bisa masuk sekolah negeri. Sedangkan kami jarak sekitar 3km dengan nilai 35 tapi tidak diterima di negeri? Apa cukup adil pak? Begadang tiap malam belajar supaya mendapatkan nilai unbk yang bagus supaya bisa masuk sma negeri, tapi apa yang kita dapat? Nihil pak:)."

Baca juga: Soal PPDB 2019, Pengamat: Solidkan Koordinasi Pusat dan Daerah

Hal sama dikeluhkan akun @camillagreyns, "Pak seharusnya yg nilainya rendah tu semakin dimotivasi agar sadar...bukannya malah diuntungkan dengan adanya sistem zonasi ini."

Akun @catherinecinta28 secara singkat menggungah tanggapan: "'Zonasi' hancurkan harapan murid berprestasi" 

Pemerataan kualitas

Namun, ada pula warganet yang mendukung sistem PPDB tahun ini sebagai sebuah upaya pemerintah untuk memeratakan pendidikan dan menghilangkan 'favoritisme' sekolah. Mereka menyadari sebagai sebuah upaya baru, tentu masih membutuhkan perbaikan di masa mendatang.

Salah satunya disampikan akun @nacticc, "Sistem zonasi udah bener, tpi kualitas pendidikan setiap sekolah belum bener dan belum sama makanya pada protes"

Akun @firyalsdf secara panjang lebar memberi tanggapannya:

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X