PPDB SMA Hari Pertama di Jakarta Padat Peserta, Sekolah Klaim Lancar

Kompas.com - 25/06/2019, 19:16 WIB
Tampak suasana lengang di SMAN 26 Jakarta pada PPDB hari kedua, Selasa (25/6/2019).KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Tampak suasana lengang di SMAN 26 Jakarta pada PPDB hari kedua, Selasa (25/6/2019).


KOMPAS.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019 jalur zonasi jenjang SMA Provinsi DKI Jakarta mulai dilaksanakan pada Senin (24/6/2019) pukul 08.00 WIB.

Menurut pengakuan panitia PPDB di beberapa SMA, proses pendaftaran hari pertama kemarin dipadati orangtua dan anak yang akan mendaftar. Meski demikian, secara umum pelaksanaannya berlangsung lancar.

Saat ditemui Kompas.com, Wakil Humas dan panitia PPDB SMAN 26 Jakarta Susrimah mengatakan sekolahnya didatangi lebih kurang 500 pendaftar pada Senin kemarin.

"Kemarin lancar, tapi memang penuh. Formulir dikeluarkan ada 500-an. Kalau hari ini sudah enggak banyak, paling satu atau dua orang bergantian," ujar Susrimah di kantornya, Selasa (25/6/2019).

Hari pertama padat

Bahkan kemarin pihaknya melayani sampai sekitar pukul 18.00 WIB karena banyaknya pendaftar datang. Panitia pun menyampaikan kepada para orangtua calon siswa agar datang kembali esok hari karena pendaftaran berlangsung sampai Rabu (26/6/2019).

Baca juga: Warga Keluhkan Kendala Administrasi Saat PPDB Online

"Kami sudah kasih tahu ada tiga hari, tapi tiap tahun sama saja. Kemarin sampai maghrib bagi token," imbuhnya.

Sementara itu, operator PPDB SMAN 37 Jakarta, Eko Susanto, pun mengaku bahwa PPDB hari pertama berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.

"Sejauh ini lancar. Sebenarnya masyarakat enggak perlu datang hari pertama, jadi ada antrean yang belum terlayani saking banyaknya," ucap Eko.

Dia menyarankan kepada para orang tua calon siswa supaya jika tidak bisa dilayani pada hari pertama, bisa datang pada hari kedua dan ketiga.

Hari kedua lengang

"Keluhan orang tua karena enggak sabar mengantre, saya bilang bisa besok ke sini lagi," tambahnya.

Dia mengungkapkan, terdapat sekitar 450 pendaftar dari kemarin. Jumlah itu termasuk pembagian token. Daya tampung sekolahnya secara keseluruhan sebanyak 132 siswa, yang terdiri dari empat kelas IPA dan tiga kelas IPS.

Menurut pantauan Kompas.com, suasana pendaftaran di SMAN 26 dan SMAN 37 Jakarta pada hari ini tampak lengang. Tidak terlihat keramaian dan antrean memanjang seperti yang terjadi kemarin.

Para petugas pun kelihatan tidak begitu sibuk melayani pendaftar karena hanya ada beberapa orang tua beserta anaknya yang datang bergantian.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X