Kedubes Malaysia dan KLIS Perkenalkan MUET Setara Kompetensi TOEFL

Kompas.com - 29/06/2019, 13:07 WIB
Kedutaan Besar Malaysia, Education Malaysia Indonesia (EMI) dan Kementerian Pendidikan Malaysia bekerjasama dengan Knowledge Link Intercultural School (KLIS) memperkenalkan Malaysia University English Test (MUET) di Jakarta (26/6/2019). Dok. KLISKedutaan Besar Malaysia, Education Malaysia Indonesia (EMI) dan Kementerian Pendidikan Malaysia bekerjasama dengan Knowledge Link Intercultural School (KLIS) memperkenalkan Malaysia University English Test (MUET) di Jakarta (26/6/2019).

KOMPAS.com - Kedutaan Besar Malaysia, Education Malaysia Indonesia (EMI) dan Kementerian Pendidikan Malaysia bekerja sama dengan Knowledge Link Intercultural School (KLIS) memperkenalkan Malaysia University English Test (MUET).

MUET merupakan persyaratan utama bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di universitas Malaysia dan menjadi standar kompetensi Bahasa Inggris yang diakui selain IELTS dan TOEFL.

Pengenalan MUET dilakukan langsung oleh Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar, Direktur EMI Prof. Mior Harris Mior Harun, MPM Deputy CEO En Adnan bin Husin dan Presdir K-Link Dato Radzi bin Saleh di Jakarta (26/6/2019).

Universitas kelas internasional

Dalam sambutan Duta Besar Malaysia Zainal Abidin menyampaikan hubungan baik Indonesia-Malaysia dibuktikan dengan besarnya jumlah pelajar dari setiap negara. "Tahun ini kami mencatat setidaknya ada 4 ribu pelajar Malaysia belajar di Indonesia dan sebaliknya ada 11 ribu pelajar Indonesia belajar di Malaysia," ujar Dubes Malaysia.

Baca juga: Saat Dian Sastro Jadi Penguji Kompetensi Mahasiswa Vokasi UI

Ia mengharapkan kerja sama bidang pendidikan ini akan membuat Indonesia dan Malaysia mampu menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi di tingkat Asia di masa mendatang.

Direktur EMI Prof. Mior Harris Mior Harun menjelaskan saat ini Malaysia menjadi salah satu destinasi studi yang banyak diminati pelajar internasional. "Salah satu faktor adalah biaya studi yang sangat terjangkau. Hampir sepertiga jika dibandingkan dengan biaya pendidikan di Amerika, Inggris atau negara Eropa lain," jelar Mior.

Tidak hanya itu, universitas Malaysia juga menawarkan kualitas pendidikan internasional. "QS University World Rankings baru saja merilis pemeringkatan univeristas dunia dan universitas di Malaysia masuk dalam peringkat 70 besar dunia," tegasnya.

Setara TOEFL dan IELTS

MPM Deputy CEO En Adnan bin Husin menjelaskan, "Ada empat komponen MUET yaitu listening 15 persen, speaking 15 persen, reading 40 persen dan writing 30 persen."

Adnan menjelaskan sertifikasi MUET sudah digunakan dan diakui sebagai salah syarat kompetensi penguasaan bahasa Inggris di seluruh univerisitas Malaysia setara dengan TOEFL dan IELTS. "Saat ini MUET juga sudah diakui beberapa universitas di Amerika, Inggris dan beberapa negara Eropa," jelasnya.

Salah satu keunggulan lain MUET adalah dari segi biaya yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan sertifikasi kompetensi bahasa lain. "Selain itu MUET bisa digunakan untuk jangka waktu berlaku sampai 5 tahun," lanjut Adnan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X