Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Perpusnas: Masyarakat Harus Dapat Kemudahan Mengakses Perpustakaan

Kompas.com - 08/07/2019, 15:52 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengatakan jika masyarakat harus diberikan kemudahan dalam mengakses perpustakaan.

“Untuk itu, paradigma perpustakaan harus berubah, peningkatan pelayanan bagi masyarakat harus dijadikan prioritas,” ujar Syarif seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/7/2019).

Syarif sendiri mengatakan itu saat menghadiri Rapat Kerja Pusat XXII dan Seminar Ilmiah Nasional yang digelar Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Batam, Kepulauan Riau (Kepri), 7 hingga 10 Juli 2019.

Untuk mencapainya, Syarif berharap IPI dapat mengelola para pustakawan secara profesional agar dapat memberikan pelayanan terbaik.

Baca jugaKemendagri Teken Nota Kesepahaman dengan Perpustakaan Nasional RI

"Pustakawan adalah profesi mulia karena mampu menyediakan informasi dan pengetahuan bagi masyarakat," ucap dia.

Lebih jauh Syarif menjelaskan, saat ini Indonesia sudah memiliki sedikitnya 164.000 perpustakaan yang berperan sebagai jantung pengetahuan masyarakat.

Peningkatan kualitas dan kuantitas perpustakaan, lanjut Syarif, merupakan bentuk dukungan untuk mewujudkan cita-cita sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk itu, sudah seharusnya pihak terkait khususnya para pustakawan turut meningkatkan kapasitasnya demi menyeimbangkan ketersediaan fasilitas dan kebutuhan masyarakat.

"Ada tiga hegemoni di dunia, yaitu militer, sumber daya manusia, dan teknologi yang semuanya memiliki fondasi dari kebiasaan membaca," jelas Syarif. (Elsa Tuasamu/Perpusnas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com