Sambut Bulan Bahasa, UGM Gelar 4 Jenis Lomba Penulisan

Kompas.com - 08/07/2019, 18:49 WIB
Bulan Bahasa UGM 2019. Dok. Bulan Bahasa UGMBulan Bahasa UGM 2019.

KOMPAS.com - Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada ( UGM) mengadakan rangkaian lomba penulisan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa 2019 yang diperingati setiap bulan Oktober.

Seperti dipublikasikan di laman resminya, lomba ini terdiri dari empat jenis, yaitu Lomba Cipta Puisi, Lomba Cipta Cerpen, Lomba Penulisan Esai, dan Lomba Penulisan Feature.

Tema diambil dalam Bulan Bahasa tahun ini adalah "Sastra Perjalanan".

"Kami mengambil tema tersebut karena salah satu hal yang paling dapat menginspirasi seorang sastrawan adalah lingkungan di sekitarnya. Dalam perjalanan yang ditempuh setiap orang, pasti ada kenangan dan makna yang dapat dibagikan lewat karya sastra," ujar Clarissa, salah satu narahubung lomba itu, kepada Kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Beasiswa 13 Prodi S2 UGM untuk PTN/PTS Seluruh Indonesia

Lomba tersebut telah dibuka pada 1 Juli 2019 sampai 12 Oktober 2019 pukul 23.59 WIB. Peserta yang bisa berpartisipasi yaitu orang umum dan tidak dibatasi usia.

Ketentuan lomba

1. Terkait persyaratan, disebutkan karya yang dikirimkan tidak menyinggung dan menghina tentang suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA). Karya itu juga merupakan hasil karya sendiri dan bukan plagiarisme.

2. Jika ada karya yang merupakan plagiarisme dan sudah dipublikasikan di media cetak atau online bukan menjadi tanggung jawab panitia dan akan didiskualifikasi.

3. Karya atau naskah dikirimkan ke lomba itu juga tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain, dan peserta boleh mengirim lebih dari satu karya.

4. Adapun hak publikasi setiap karya akan menjadi milik panitia dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

5. Hasil pemenang lomba tersebut akan diumumkan 11 November 2019 di media sosial dan bersamaan dengan Malam Puncak Bulan Bahasa UGM 2019 yang digelar di The Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X