Serentak, Festival "Panji Nusantara 2019" Digelar di Empat Kota

Kompas.com - 12/07/2019, 13:46 WIB
Salah satu pertunjukan seni tari dalam rangka Festival Panji Nusantara 2019 di Malang, Kamis (11/7/2019).DOK. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Salah satu pertunjukan seni tari dalam rangka Festival Panji Nusantara 2019 di Malang, Kamis (11/7/2019).

KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Provinsi Jawa Timur (Jatim) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menggelar "Festival Panji Nusantara 2019" bertema “Transformasi Budaya Panji”.

Pergelaran ini diadakan pada 9 - 12 Juli 2019 di empat kabupaten/kota di Jatim, yaitu Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, dan Kota Malang.

Acara ini juga didukung oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto.

Keterlibatan Kemendikbud dalam festival ini terkait program "Indonesiana" melalui pembentukan Tim Kurator dan Tim Pelaksana dari pelaku seni, sedangkan pihak pemerintah sebagai fasilitator.

Ragam kegiatan

Khusus di Kota Malang, Pemerintah Kota Malang pun menyelenggarakan sejumlah lomba, yaitu lomba mewarnai, menggambar, vlog, workshop komik, dan Sinau Sejarah dengan tema "Panji di Museum Mpu Purwa".

Baca juga: Dorong Kompetensi Siswa SMK, Kemendikbud Gelar Lomba Kompetensi Siswa

"Sasaran kami masyarakat generasi muda milenial agar mereka paham bahwa yang mereka lakukan sebenarnya terkait dengan Panji, tapi mereka tidak tahu apakah itu cerita Panji atau bukan," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made pada malam pertunjukan seni tari Festival Panji Nusantara 2019 di Malang, Kamis (11/7/2019).

Ia menambahkan, Malang menjadi bagian dari rangkaian festival ini karena sesuai sejarahnya merupakan bagian dari Kerajaan Singasari ketika itu yang ada dalam cerita Panji. Terlebih lagi, sampai saat ini ada Paguyuban Wayang Topeng Panji di Malang.

Pertunjukan 6 provinsi

"Memang dari kementerian (Kemendikbud) dan provinsi (Pemprov Jatim) mengarahkan Malang ini sebagai gongnya. Dimulai pembukaan tanggal 9 Juli di Blitar, lalu di Kediri dan Tulungagung. Puncaknya tanggal 12 di Malang," imbuh Ida.

Sebelumnya, "Festival Panji Nasional 2017" digelar di Kediri. Setelah itu dilanjutkan dengan "Festival Panji Internasional 2018" di delapan lokasi, yakni Denpasar, Pandaan, Kota Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, Yogyakarta, dan Jakarta.

Festival "Panji Nusantara 2019" menampilkan potensi kesenian dari berbagai kota di Jatim, misalnya dari Bojonegoro, Ponorogo, dan Tuban.

Selain itu, ada pula pameran visual Budaya Panji, workshop, seminar, lomba, serta seni pertunjukan dari enam provinsi, yaitu Bali, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Pelestarian budaya

Adapun platform "Indonesiana" merupakan upaya Kemendikbud mendorong dan memperkuat pemajuan kebudayaan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 melalui gotong royong antara pemerintah dan masyarakat dalam penguatan kapasitas daerah untuk menyelenggarakan kegiatan budaya sesuai asas, tujuan, dan obyek pemajuan kebudayaan yang ditetapkan dalam UU tersebut.

Melalui dukungan pada berbagai kegiatan berbasis budaya diharapkan mampu menumbuhkembangkan ekosistem kebudayaan yang mengakar kuat pada kearifan lokal Indonesia.

Dengan demikian, untuk jangka panjang diharapkan kegiatan ini menjadi media pelestarian dan keberlangsungan khazanah budaya di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang dinamis.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X