Kompas.com - 13/07/2019, 21:42 WIB

KOMPAS.com - Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Hasanuddin (Unhas) menjajaki kerja sama dengan dua universitas internasional.

Kerja sama itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, utamanya di kawasan timur Indonesia.

Adapun universitas asing yang akan diajak kerja sama yakni Melbourne University di Australia dan Victoria University di Wellingtong, New Zealand.

"Dengan adanya kerja sama ini akan mengembangkan institusi perguruan tinggi, khususnya Universitas Hasanuddin, sehingga memiliki standar yang sama dengan universitas di dunia dalam tingkat global," kata Ketua MWA Universitas Hasanuddin, Syafruddin, dalam pernyataan tertulis, Sabtu (13/7/2019).

Baca juga: Unhas Terima 4.111 Mahasiswa di Jalur SBMPTN, Kedokteran Jadi Favorit

Dengan adanya kerja sama tersebut, imbuh dia, Unhas akan menjadi pusat pengembangan pendidikan di kawasan timur Indonesia.

Kerja sama pendidikan internasional itu akan melibatkan Universitas Indonesia (UI).

Ia menjelaskan, kerja sama itu sejalan dengan fokus pemerintah dalam lima tahun ke depan, yakni mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kami akan bangun simbiosis mutualisme antara pemerintah, baik pusat dengan daerah dengan kampus. Sehingga pemerintah memanfaatkan kampus sebagai think tank," kata dia.

Baca juga: KEK Pendidikan akan Dibangun di Indonesia Timur

MWA Unhas rencananya menggandeng Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk membiayai kerja sama antar universitas tersebut.

Sementara itu, anggota MWA Unhas, Sofjan Wanandi, mengapresiasi kerja sama Unhas dengan dua universitas internasional tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.