Kompas.com - 16/07/2019, 13:44 WIB
- Shutterstock-

KOMPAS.com – Berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020. Bahkan 85 perguruan tinggi negeri telah mengumumkan mahasiswa yang diterima melalui SBMPTN 2019.

Calon mahasiswa bisa bebas memilih program studi atau jurusan apa yang diminati sesuai bakat dan kemampuan masing-masing. Ada calon mahasiswa yang masih berpegang pada idealismenya untuk memilih jurusan sesuai kemampuan dan minatnya.

Namun, ada pula yang berpikir bahwa tidak selamanya ia harus memilih dengan cara itu, tetapi juga memikirkan jurusan yang lulusannya akan dibutuhkan dan memiliki prospek cerah di dunia kerja pada masa mendatang.

Karena dibutuhkan, tentunya hasil yang akan didapat dari pekerjaan itu cukup menarik, misalnya gaji, tunjangan, fasilitas, dan jenjang karier.

Tidak perlu khawatir bagi kita yang saat ini masih bingung mempertimbangkan jurusan yang akan dipilih. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 jurusan yang diperkirakan akan dibutuhkan kehadirannya dalam memasuki dunia kerja profesional:

1. Jurusan teknologi dan informasi (TI)

Dalam perkembangan zaman yang semakin canggih ini, penggunaan teknologi digital semakin banyak dimanfaatkan pada berbagai peralatan yang dibutuhkan manusia di berbagai bidang, misalnya kesehatan, pendidikan, olahraga, dan hiburan.

Baca juga: Gelar Sarjana Bukan Syarat Mutlak untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian

Maka dari itu, dibutuhkan orang-orang yang mampu menciptakan teknologi tersebut sehingga memudahkan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Di sinilah perlunya kehadiran para lulusan jurusan teknologi dan informasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka diharapkan bisa merancang dan memproduksi peralatan dan aplikasi berbasis digital untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang semakin beragam.

Berikut ini beberapa profesi yang dihasilkan dari jurusan tersebut, contohnya software developer, system analyst, network engineer, konsultan TI, ahli digital forensik, pengembang aplikasi mobile dan situs web, serta perencana sistem kecerdasan buatan.

2. Jurusan matematika dan statistika

Jangan salah duga, jurusan matematika dan statistika bukan hanya menghasilkan lulusan yang bisanya cuma menghitung tabel, diagram, dan grafik. Banyak profesi yang berhubungan dengan jurusan itu.

Ada lulusan yang bisa menjadi guru, dosen, dan peneliti. Ada juga yang menjadi ahli statistika yang berperan dalam mengembangkan bisnis perusahaan, aktuaris di perusahaan asuransi dan investasi, analis keuangan, dan akuntan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X