Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Sudah Dibuka, Simak di Sini!

Kompas.com - 20/07/2019, 14:18 WIB
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ini diberikan untuk jenjang S-1, S-2 dan S-3. Dok KemdikbudBeasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ini diberikan untuk jenjang S-1, S-2 dan S-3.
|
Editor Latief

KOMPAS.com – Pendaftaran Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah dibuka sejak Rabu (17/7/2019) sampai 9 Agustus 2019 mendatang. Salah satu program yang ditawarkan adalah Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

Sekretariat Program Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kemendikbud mengatakan beasiswa ini bertujuan mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan, baik lewat jalur gelar maupun nongelar.

Berdasarkan keterangan di laman resmi Kemendikbud, sesuai tugas dan fungsi Kemendikbud, program ini diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan sehingga yang dibiayai itu diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ini diberikan untuk jenjang S-1, S-2 dan S-3. Calon peserta yang bisa mengikuti program beasiswa ini adalah yang sudah mempunyai surat diterima di perguruan tinggi ataupun mahasiswa yang sudah kuliah paling lama semester 2 pada saat mendaftar.

Beasiswa ini terbuka untuk masyarakat berprestasi di berbagai bidang, tetapi tidak diprioritaskan untuk dosen.

Syarat untuk bisa mengikutinya dibagi menjadi tiga jenjang, yakni sebagai berikut:

Beasiswa jenjang S1

Mahasiswa baru:

- Maksimal 22 tahun.
- Memiliki surat keterangan lulus di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B.
- Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal tiga tahun terakhir.
- Peraih juara peringkat 5 besar.

Mahasiswa on-going:

- Maksimal 22 tahun.
- Terdaftar di perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, maksimal semester 2 pada saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat tanda aktif kuliah.
- IPK minimal 3,25 pada skala 4,0.
- Memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat, sertifikat berlaku maksimal tiga tahun terakhir.
- Peraih juara peringkat 5 besar.
- Beasiswa jenjang S1 tidak diwajibkan memiliki sertifikat TOEFL/IELTS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X