Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Anak Gemar Membaca di Hari Anak Nasional, Begini Caranya

Kompas.com - 23/07/2019, 19:16 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

Sumber Gramedia

KOMPAS.com – Perkembangan hidup seorang anak harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat sesuai pertambahan umur dan kondisi kepribadiannya. Tentu saja bermain dan belajar merupakan kegiatan utamanya.

Aktivitas belajar sambil bermain penting untuk diterapkan supaya anak itu mendapatkan pengetahuan baru setiap hari dalam suasana yang menyenangkan. Dengan begitu, anak tersebut semakin pintar dan fungsi otaknya terus berkembang.

Salah satu kegiatan belajar yang mudah dilakukan yaitu membaca. Sebab, membaca bisa memberi beragam manfaat, di antaranya membangkitkan kemauan dan kemampuan berpikir. Anak-anak akan terbiasa berpikir menggunakan logika dan berkembang menjadi imajinasi masing-masing.

Kemampuan itu bisa diperoleh misalnya dari buku cerita fiksi dan kisah petualangan. Mereka pun belajar tentang nilai-nilai yang baik dan buruk dalam kehidupan, baik dalam keluarga, teman di sekolah, maupun masyarakat luas.

Baca juga: Jadikan Membaca Buku sebagai Hadiah Hari Anak Nasional

Dalam rangka Hari Anak Nasional 2019 pada hari ini, mari kita bersama mengajak anak-anak untuk gemar membaca. Seperti dihimpun dari beberapa sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Ketahui minat anak

Cari tahu terlebih dahulu jenis buku bacaan apa yang diminati oleh anak itu sehingga lebih gampang untuk membuatnya tertarik membaca. Setelah itu tentukan tempat yang nyaman, bisa di rumah atau di tempat lain.

Kemudian ajaklah untuk duduk bersama-sama sambil membaca buku tersebut. Usahakan membaca dan menceritakan kembali isi buku itu dengan nada bicara yang membuat anak itu tertarik sehingga aktivitas membaca terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

2. Mulai dari aktivitas sehari-hari

Kondisi kepribadian setiap anak berbeda-beda. Maka dari itu, memengaruhi seorang anak untuk gemar membaca tidak harus langsung mengajaknya membaca bersama-sama. Hal itu bisa dimulai dengan berbicara tentang hobi.

Sebagai contoh, jika anak itu suka olahraga sepak bola, ajak dia menonton pertandingan di lapangan, lalu membahasnya. Sampaikan pesan bahwa bila dia ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarahnya, pemain-pemain terkenal, dan berbagai pengetahuan sepak bola, dia bisa mendapatkannya melalui bacaan.

Dengan begitu, anak tersebut akan mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan membaca. Lama-kelamaan dia akan terbiasa membaca dan aktivitas itu bisa menjadi kebutuhan positif dalam perkembangan hidupnya.

3. Membaca bersama

Apabila kegiatan gemar membaca sudah menjadi bagian hidup seorang anak, akan lebih mudah untuk mengajaknya membaca bersama. Tentukan satu buku yang berisi teks dan gambar dalam porsi seimbang sehingga lebih menarik untuk dibaca.

Kemudian baca buku itu dengan bergantian karena cara ini sangat disarankan, terutama bagi anak yang tidak suka membaca. Selain itu, bacalah buku tersebut secara nyaring sehingga tidak membosankan dan lebih bersemangat.

Jika cara-cara itu telah dilaksanakan dan mulai terasa manfaatnya, maka akan lebih mudah untuk membiasakan kegiatan membaca sebagai bagian dari hidupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gramedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com