Kompas.com - 24/07/2019, 11:40 WIB
Penulis Latief
|
Editor Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 298 pelamar bersaing memperebutkan 65 kursi beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) tahun akademik 2019-2020. Mereka berjuang untuk memperebutkan 65 kursi beasiswa studi di 26 institusi di Belanda.

Dari 298 pelamar, sebanyak 87 persen melamar untuk program Master dan 13 persen di antaranya melamar untuk program Bachelor. Khusus dari Indonesia, penerima beasiswa OTS tahun ini mencapai 30 orang.

Dengan total nilai beasiswa mencapai 410,652 Euro, beasiswa OTS tahun akademik 2019-2020 memberikan potongan biaya kuliah beragam antara 30 persen sampai 100 persen. Beberapa institusi pendidikan bahkan menawarkan tunjangan biaya hidup dan bantuan biaya pengurusan visa.

"Beasiswa ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan banyak mahasiswa Indonesia. Saat kuliah di Belanda mereka bukan hanya mendapat tambahan wawasan keilmuan yang diperoleh di kelas, tapi juga menambah jaringan internasionalnya. Belum lagi kebiasaan mandiri yang didapat dari kebiasaan sehari-hari di Belanda," kata Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, dalam sambutannya pada Orange Tulip Scholarship Awardees Gathering di Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Orange Tulip Scholarship (OTS) merupakan beasiswa studi di Belanda yang telah terselengara selama lebih dari 10 tahun berkat adanya kerjasama antara Nuffic Neso dan Institusi Pendidikan Tinggi Belanda.

Universitas tujuan penerima beasiswa OTS ini di antaranya Tilburg University, VU Amsterdam, Saxion University of Applied Sciences, International Institute of Social Studies of Erasmus University Rotterdam, Radboud University, University of Groningen, The Hague University of Applied Sciences, dan Maastricht University.

Dilihat dari data para pendaftar OTS, program studi yang paling banyak dipilih adalah jurusan teknik; ekonomi dan bisnis; serta ilmu sosial. Ada juga beberapa yang mendaftar untuk jurusan seni dan ilmu pengetahuan alam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.