Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2019, 14:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com — Pilihan melanjutkan studi di salah satu negara bisa jadi merupakan pertimbangan yang menarik. Faktor geografis, kedekatan budaya, dan keterjangkauan biaya kuliah dapat menjadi beberapa alasan.

Tidak hanya itu, beberapa universitas di Asia juga memperoleh peringkat bergengsi dalam QS World University Rankings (WUR) yang dirilis bulan Juni lalu. Hal ini menjadi bukti, universitas di Asia memiliki kualitas yang mumpuni di kancah dunia.

Sebanyak 17 kota di Asia bahkan masuk dalam 50 peringkat teratas QS Higher Education System Strengthings 2018  yang menampilkan sistem pendidikan tinggi terkuat di dunia. 

Berikut beberapa negara rekomendasi untuk dijadikan pilihan sebagai destinasi studi di Asia berdasarkan QS WUR:

1. Malaysia

Malaysia menjadi pusat pendidikan tinggi dengan sistem pendidikan menempati peringkat ke- 25 di dunia.

Malaysia saat ini juga tengah memperkuat dan memperluas strategi pendidikan tinggi dengan membuka kampus cabang internasional dari universitas-universitas luar negeri yang disegani, seperti Universitas Nottingham di Inggris.

Baca juga: Lawan Stigma, Mau Rangkul Anak dengan HIV/AIDS?

Siswa internasional tertarik ke kota-kota yang menarik di Malaysia berkat keindahan alam dan pemandangan yang fantastis, dan tentu biaya pendidikan dan biaya hidup yang terjangkau. Bahkan, Kuala Lumpur di peringkat sebagai kota pelajar paling terjangkau kedua (dan paling terjangkau di Asia) di QS Best Student Cities 2018 .

Setidaknya ada 26 universitas Malaysia di QS Asia University Rankings 2019, enam di antaranya masuk dalam 100 besar, di antaranya Universiti Malaya berada di peringkat tertinggi pada gabungan ke-19.

2. Taiwan

'Macan Asia' Taiwan sangat ideal bagi siswa yang tertarik pada bidang teknologi dan inovasi. Kota ini terkenal dengan industri teknologi yang terkemuka di dunia, dengan banyak universitas serupa Lembah Silikon AS, yakni di Taman Sains Hsinchu.

Secara keseluruhan, Taiwan memiliki sistem pendidikan tinggi yang kuat (peringkat ke-19 dalam Peringkat Kekuatan Sistem Pendidikan Tinggi QS), serta budaya hidup yang beragam dan memadukan tradisional dan modern.

Semakin banyak siswa luar negeri memilih belajar di Taiwan yang seperti di Malaysia cukup terjangkau, baik dari segi biaya kuliah maupun biaya hidup. Taiwan memiliki 36 universitas yang masuk peringkat Asia terbaru, dengan lima di atas 50, termasuk Taiwan National University (NTU) di tempat ke-22.

3. Indonesia

Indonesia masuk dalam pilihan destinasi studi Asia sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan populasi terbesar keempat di dunia.

Indonesia sangat beragam, dengan ratusan kelompok etnis, bahasa, dan budaya individu bercampur menjadi negara yang ramah dan toleran. Secara keseluruhan, Indonesia dipandang pilihan tepat bagi siswa yang ingin memperluas wawasan mereka.

Pendidikan tinggi di Indonesia telah tumbuh secara signifikan dan saat ini menampung sekitar 5.700 lebih siswa internasional. Sebanyak 22 universitas Indonesia berada di peringkat ke-350 teratas di peringkat Asia terbaru, dengan Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat ke-57.

4. China

China adalah salah satu tujuan studi non-Eropa paling populer di dunia, dengan 377.000 siswa internasional terdaftar pada 2014. China memiliki salah satu sistem pendidikan tinggi terbesar dan terkuat di dunia, berada di urutan kedelapan dalam peringkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com