8 Negara Terbaik Pilihan Studi di Asia Versi QS Rankings

Kompas.com - 24/07/2019, 14:28 WIB
Ilustrasi QS World University Rankings DOK. QS WURIlustrasi QS World University Rankings

KOMPAS.com — Pilihan melanjutkan studi di salah satu negara bisa jadi merupakan pertimbangan yang menarik. Faktor geografis, kedekatan budaya, dan keterjangkauan biaya kuliah dapat menjadi beberapa alasan.

Tidak hanya itu, beberapa universitas di Asia juga memperoleh peringkat bergengsi dalam QS World University Rankings (WUR) yang dirilis bulan Juni lalu. Hal ini menjadi bukti, universitas di Asia memiliki kualitas yang mumpuni di kancah dunia.

Sebanyak 17 kota di Asia bahkan masuk dalam 50 peringkat teratas QS Higher Education System Strengthings 2018  yang menampilkan sistem pendidikan tinggi terkuat di dunia. 

Berikut beberapa negara rekomendasi untuk dijadikan pilihan sebagai destinasi studi di Asia berdasarkan QS WUR:

1. Malaysia

Malaysia menjadi pusat pendidikan tinggi dengan sistem pendidikan menempati peringkat ke- 25 di dunia.

Malaysia saat ini juga tengah memperkuat dan memperluas strategi pendidikan tinggi dengan membuka kampus cabang internasional dari universitas-universitas luar negeri yang disegani, seperti Universitas Nottingham di Inggris.

Baca juga: Lawan Stigma, Mau Rangkul Anak dengan HIV/AIDS?

Siswa internasional tertarik ke kota-kota yang menarik di Malaysia berkat keindahan alam dan pemandangan yang fantastis, dan tentu biaya pendidikan dan biaya hidup yang terjangkau. Bahkan, Kuala Lumpur di peringkat sebagai kota pelajar paling terjangkau kedua (dan paling terjangkau di Asia) di QS Best Student Cities 2018 .

Setidaknya ada 26 universitas Malaysia di QS Asia University Rankings 2019, enam di antaranya masuk dalam 100 besar, di antaranya Universiti Malaya berada di peringkat tertinggi pada gabungan ke-19.

2. Taiwan

'Macan Asia' Taiwan sangat ideal bagi siswa yang tertarik pada bidang teknologi dan inovasi. Kota ini terkenal dengan industri teknologi yang terkemuka di dunia, dengan banyak universitas serupa Lembah Silikon AS, yakni di Taman Sains Hsinchu.

Secara keseluruhan, Taiwan memiliki sistem pendidikan tinggi yang kuat (peringkat ke-19 dalam Peringkat Kekuatan Sistem Pendidikan Tinggi QS), serta budaya hidup yang beragam dan memadukan tradisional dan modern.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X