Hadirkan Keceriaan Anak, BBJ dan UMN Gelar "Serial Cerita Dendang Kencana"

Kompas.com - 26/07/2019, 15:39 WIB
E-Poster Dendang Kencana DOK. BBJE-Poster Dendang Kencana

KOMPAS.com - Memeriahkan Hari Anak Nasional, Bentara Budaya Jakarta ( BBJ) bekerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara ( UMN) dan Penerbit Bhuana Ilmu Populer menggelar "Peluncuran Buku Serial Cerita Anak Dendang Kencana".

Acara digelar dalam program “Aku Indonesia” pada Sabtu, 27 Juli 2019 di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan No. 17 Jakarta pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Judul-judul buku diluncurkan antara lain "Sepatu Baru Agam", "Mainan Seru Damar", dan "Aku Anak Mandiri". Ketiganya merupakan alih-wahana dari lagu- lagu anak "Pilihan Dendang Kencana".

Album yang memiliki 20 lagu anak pilihan karya para guru dari berbagai wilayah Indonesia ini dialih-wahanakan ke dalam bentuk-bentuk kreasi lain.

Pesan cinta budaya

Baca juga: Beranda Sastra BBJ: Menghindari Terjebak Nostalgia 

"Setelah CD album resmi diluncurkan pada 2 Mei 2018 dan dikirimkan ke TK maupun SD se-Indonesia, kami bekerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara telah membuat karya animasi karakter lagu yang tayang di kanal youtube Dendang Kencana,” ujar Paulina Dinartisti, Ketua Panitia Dendang Kencana.

Ia berharap kehadiran buku-buku serial cerita anak ini dapat lebih membagikan pesan edukasi, kecintaan terhadap budaya membaca, serta tentunya keceriaan bagi anak-anak Nusantara.

Kompas Gramedia menginisiasi program Dendang Kencana sejak 1990 bersama pengarang lagu anak, AT Mahmud, dan diadakan kembali di tahun 1992. Sejak tahun 1993, Dendang Kencana diadakan setiap tahun hingga terakhir kali diadakan pada tahun 1996.

Pada penyelenggaraan DK di tahun-tahun tersebut, AT Mahmud langsung terjun sebagai narasumber ahli dan juri lomba. Karya-karyanya pun diperlombakan di sana, termasuk lagu tema “Dendang Kencana“ yang beliau ciptakan dalam rangka menyambut pelaksanaan kegiatan ini.

Workshop hingga lomba

Peluncuran Buku Dendang KencanaDOK. BBJ Peluncuran Buku Dendang Kencana

Pada tahun 2017, Dendang Kencana bergulir menjadi program kepedulian yang lebih utuh lewat kegiatan Workshop Cipta Lagu Anak, Lomba Cipta Lagu Anak se-Indonesia, Workshop Olah Vokal dan Gerak, serta Lomba Paduan Suara Anak yang diselenggarakan di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Selain Peluncuran Buku Serial Anak Dendang Kencana, kegiatan “Aku Indonesia” juga dimeriahkan dengan Lomba Mewarnai dan Menggambar untuk siswa TK dan SD yang memperebutkan hadiah berupa trophy, sertifikat, paket buku dan berbagai voucher menarik.

Sementara itu, Pentas Kreasi Anak diisi oleh para siswa SD Palmerah 15 Pagi, SD Perguruan Cikini, TK Sang Timur Tomang, serta KG Musik. Akan diselenggarakan juga acara Berbagi Inspirasi bersama Sajian Sedap serta mini bazaar.

Acara ini didukung Santika Indonesia, Sajian Sedap, Greebel, dan Waterboom. Informasi mengenai lomba dan kegiatan “Aku Indonesia” dapat menghubungi Bentara Budaya
Jakarta di telepon 021-5483008 ext. 7916

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X