Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.189 Peserta Diterima Ujian Mandiri UNS, Ini Info Registrasinya..

Kompas.com - 31/07/2019, 08:02 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri (SM) program sarjana dan diploma Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dilaksanakan pada Rabu (31/7/2019).

Pengumuman dapat diakses di laman spmb.uns.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran pada kartu peserta.

"Pendaftar SM UNS 16.683 orang. Diterima 3.189," kata Deputi 2 SPBM UNS, Nuryani saat dihubungi Kompas.com, Rabu (31/7/2019) pagi.

Dalam situs resmi SPMB UNS, biaya pendidikan yang dibebankan kepada calon mahasiswa baru jalur ini terdiri dari sumbangan pengembangan institusi (SPI) dan uang kuliah tunggal (UKT).

Baca juga: 1.517 Siswa Jalur SNMPTN 2019 Lakukan Registrasi di Unpad

SPI hanya dibayarkan ketika awal kuliah dan dapat diangsur dua kali. Sementara, UKT dibayar tiap semester hingga selesai masa studi.

Mahasiswa baru yang dinyatakan lolos diwajibkan melakukan registrasi.

Nuryani menyampaikan, registrasi dimulai dengan mengisi biodata calon mahasiswa pada 31 Juli-2 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB.

Setelah itu, pengumuman UKT bagi masing-masing calon mahasiswa baru diumumkan lewat laman http://spmb.uns.ac.id/ukt pada 3 Agustus 2019 pukul 14.00 WIB.

Calon mahasiswa baru melakukan pembayaran di bank yang bekerja sama dengan UNS pada 5-7 Agustus 2019.

Slip pembayaran berisi PIN yang digunakan untuk melakukan registrasi online melalui laman http://siakad.uns.ac.id. Calon mahasiswa baru login dan klik "registrasi maru" dengan memasukkan nomor pendaftaran dan PIN.

Formulir yang sudah diisi lengkap dan benar dicetak sebagai salah satu dokumen yang diverifikasi saat on-desk.

Pemeriksaan dokumen (on-desk) akan dilaksanakan pada 9 Agustus 2019 pukul 08.00 WIB di Kampus UNS sesuai fakultas masing-masing.

Baca juga: Seleksi Mandiri UNS Diwarnai Server Error, Ini Penyebabnya

Nuryani menegaskan, jika calon mahasiswa baru tak memenuhi persyaratan registrasi dan memberikan keterangan tidak benar, kelulusan mahasiswa tersebut dapat dibatalkan.

Informasi lengkap mengenai UKT dapat diakses di sini: UKT SM UNS 2019 dan nformasi mengenai SPI bisa dilihat di sini: SPI SM UNS 2019.

Sebagai tambahan informasi, SM UNS didasarkan pada nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan nilai ujian tulis berbasis cetak (UTBC) UNS, dan/atau prestasi akademik, dan/atau prestasi non akademik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com