Hasil PKN STAN 2019, Ada Perubahan Jadwal Psikotes dan Tes Kesehatan

Kompas.com - 31/07/2019, 20:04 WIB
Suasana ujian PKN STAN 2019, DOK. PRIBADI/PKN STANSuasana ujian PKN STAN 2019,

KOMPAS.com – Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) telah mengumumkan hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2019 tahap pertama pada 30 Juli 2019.

Sebagaimana keterangan dalam lampiran di laman resmi PKN STAN, peserta program reguler yang lulus dalam tahap awal ini dinyatakan memenuhi ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI).

Kemudian, peserta program afirmasi yang dinyatakan berhak mengikuti Psikotes dan Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) SPMB PKN STAN tahun 2019 adalah yang memenuhi ambang batas SKD sesuai pemeringkatan berdasarkan ketentuan Pengumuman Direktur PKN STAN.

Namun, ada perubahan jadwal Psikotes dan Ujian Kesehatan dan Kebugaran yang wajib diperhatikan para peserta. Semula tes tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 9 Agustus 2019, kemudian mengalami perubahan jadwal menjadi tanggal 24 hingga 31 Agustus 2019.

Psikotes dan kesehatan

Berbagai rincian mengenai Psikotes dan Ujian Kesehatan dan Kebugaran. seperti waktu, syarat pendaftaran, dan lokasi ujian berdasarkan kota, bisa dilihat dalam lampiran yang ada di laman http://www.pknstan.ac.id.

Baca juga: Pengumuman PKN STAN, Lihat Daftar Nama Lulus Seleksi di Sini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa hal lain yang wajib diketahui peserta yaitu psikotes akan dilaksanakan dengan menggunakan Computer Assisted Test untuk memperoleh gambaran mengenai potensi kemampuan dan kepribadian peserta ujian yang meliputi aspek inteligensi, emosi, dan sikap kerja.

Kemudian, Ujian Kesehatan yang dilakukan merupakan serangkaian pemeriksaan yang antara lain mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, nadi, buta warna, varises, kulit, mata, gigi dan mulut, hemoroid, THT, jantung, paru-paru, perut, hati atau limpa, kelenjar getah beninh, anggota gerak, dan sikap.

Adapun Ujian kebugaran diperuntukkan calon mahasiswa jurusan Kepabeanan dan Cukai (BC), yaitu untuk laki – Laki harus lari 12 menit mengelilingi lintasan, pull up, push up,sit up, dan shuttle run. Sedangkan untuk perempuan harus lari 12 menit mengelilingi lintasan, chinning, push up, sit up, dan shuttle run.

Ujian kebugaran

Bobot penilaian untuk Ujian Kebugaran adalah lari 12 menit mengelilingi lintasan (50 persen), pull up/chinning up (12,5 persen), push up (12,5 persen), sit up (12,5 persen), dan shuttle run (12,5 persen).

Sementara itu, Ujian Kebugaran untuk selain calon mahasiswa Jurusan Kepabeanan dan Cukai (non-BC), yaitu lari 12 menit mengelilingi lintasan dengan bobot penilaian 50 persen dan shuttle run dengan bobot penilaian 50 persen.

Selain keterangan di atas, ada banyak hal lain yang wajib diketahui oleh peserta yang lulus SPMB PKN STAN tahun 2019. Semuanya bisa diketahui dengan mengakses langsung ke http://www.pknstan.ac.id, lalu klik di bagian “Pengumuman Peserta Psikotes dan Ujian Kesehatan dan Kebugaran SPMB 2019”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.