Kompas.com - 02/08/2019, 08:23 WIB
Twit Candra Aditya yang viral tentang renovasi kamar kos. Dok, Candra AdityaTwit Candra Aditya yang viral tentang renovasi kamar kos.

KOMPAS.com – Berbagai perguruan tinggi di Indonesia telah mengumumkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. Untuk kampus milik pemerintah, hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah diumumkan pada Selasa (9/7/2019).

Bagi calon mahasiswa yang diterima lewat SBMPTN, kampus negeri juga memberikan kesempatan melalui jalur mandiri yang saat ini hasilnya telah diumumkan secara bergantian oleh masing-masing kampus, baik untuk jenjang sarjana maupun diploma.

Begitu pula dengan perguruan tinggi swasta. Di beberapa kampus, proses penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan ada yang telah memasuki tahap orientasi atau pengenalan kampus. Artinya, para mahasiswa sudah mulai mengikuti kegiatan awal kuliah.

Ada mahasiswa yang diterima kuliah di kota tempat tinggalnya selama ini, tetapi ada juga yang harus menjalani kuliah di kota lain sehingga harus pindah domisili atau merantau. Salah satu pertimbangan untuk tinggal di kota lain adalah mengenai tempat tinggal.

Baca juga: Ukir Prestasi, Tiga Mahasiswa Unpar Raih Runner Up di UADC 2019 Vietnam

Buat kamu yang beruntung, bisa memilih tinggal di rumah kerabat keluarga jika mereka hidup di kota tempat kuliahmu. Namun, buat kamu yang tidak mempunyai keluarga di kota tujuan, tentunya harus siap mencari tempat tinggal sendiri.

Ada beberapa alternatif hunian sebagai tempat tinggal, salah satu yang paling banyak ditemui yaitu rumah kos. Tentunya tinggal di rumah kos memiliki kelebihan dan kekurangan dari berbagai sisi, misalnya jarak, waktu, dan biaya.

Seperti dipublikasikan Youth Manual, simak keterangan lengkapnya berikut ini:

Kelebihan

1. Seharusnya carilah rumah kos yang jaraknya dekat ke kampus. Hal itu penting untuk mendukung kegiatan kuliahmu sehingga mobilitas lebih cepat. Contoh gampangnya jika kamu terlambat bangun tidur, padahal jam mulai kuliah sudah mepet. Kamu bisa segera mempersiapkan diri dan dengan cepat menuju kampus yang jaraknya bisa dibilang hanya sepelemparan batu.

2. Karena begitu dekatnya jarak dari tempat kos ke kampus, kamu bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk melakukan apa saja, terutama menikmati waktu belajar dan istirahat yang lebih lama. Kamu juga tidak perlu pusing memikirkan kemacetan di jalan yang bisa mengganggu konsentrasi kuliah.

3. Usahakan untuk mendapatkan kamar kos dengan harga sewa yang terjangkau, tetapi dengan fasilitas yang memadai. Memang perlu usaha lebih untuk mencarinya, tetapi akan terasa bedanya. Sebab, kamu bisa mengalokasikan anggaran bulananmu untuk keperluan lain, terutama yang menyangkut kegiatan kuliah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.