Fresh Graduate 8 Juta per Bulan? Perusahaan Ini Berikan Ratusan Juta

Kompas.com - 08/08/2019, 09:49 WIB
Instagram story seorang yang mengaku fresh graduate lulusan Universitas Indonesia viral di media sosial. Tangkapan layar instagram story tentang gaji fresh graduate yang viralInstagram story seorang yang mengaku fresh graduate lulusan Universitas Indonesia viral di media sosial.

KOMPAS.com -Beberapa waktu lalu sempat viral diperbincangkan unggahan seseorang yang mengaku lulusan baru ( fresh graduate) Universitas Indonesia (UI) yang isinya kecewa dapat tawaran gaji Rp 8 juta dari sebuah perusahaan.

"Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, Pak. Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate dengan kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahan luar negeri. Kalau lokal mah oke aja, asal harga cocok," isi unggahan itu.

Unggahan itu langsung viral di media sosial twitter bahkan tagar ‘ Lulusan UI’ sempat bertengger di trending Twitter beberapa waktu lalu.

Sebuah platfom mailinglist Levels.fyi beberapa waktu lalu menyusun perusahaan rekayasa perangkat lunak dengan gaji tertinggi dan mengelompokkannya berdasarkan tingkat pengalaman.

Baca juga: Viral Postingan Fresh Graduate Protes Gaji Rp 8 juta, Ini Tanggapan UI

Angka-angka ini ingin menunjukkan kepada bagaimana kompensasi kompetitif di antara perusahaan-perusahaan top dapat diperoleh. 

Gambaran gaji ini merupakan rata-rata total kompensasi tahunan termasuk gaji hingga bonus.

Levels.fyi menyampaikan gaji dan leveling bergantung pada berbagai faktor termasuk kinerja saat wawancara, pengalaman, penawaran kompetitif, dan lainnya. Mereka juga mengingatkan angka-angka kompensasi di sini adalah untuk perusahaan teknologi yang membayar tertinggi dan mungkin tidak mencerminkan gambaran gaji secara keseluruhan.

Level Fresh Graduate

Lulusan perguruan tinggi (fresh graduate) dan posisi rekayasa perangkat lunak entry level (di bawah 1 tahun) 

1. LYFT (AS): sekitar 19.600 dollar AS atau sekitar Rp 278,9 juta per bulan

2. Air BnB (AS): sekitar 19.300 dollar AS atau sekitar Rp 274,4 juta per bulan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X