Siap Digelar, Ini 10 Besar Universitas Lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa

Kompas.com - 09/08/2019, 18:59 WIB
PIMNAS 2019DOK. DITJEN BELMAWA KEMENRISTEKDIKTI PIMNAS 2019

KOMPAS.com -  Dipastikan 1.614 ilmuwan muda akan berpartisipasi dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 tahun 2019 yang akan diselenggarakan 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Kampus Unud Bukit Jimbaran, Bali.

Peserta PIMNAS ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), terdiri dari 70 perguruan tinggi negeri, dan 56 perguruan tinggi swasta.

Mereka akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah dan dinilai 71 orang juri.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im mengharapkan kegiatan PIMNAS menjadi cikal bakal kelahiran invensi dan inovasi dari kalangan mahasiswa yang dapat dikembangkan dan dibina menuju produk skala industri.

“Kami berharap tentu ini menjadi acara yang sukses yang mendukung visi Kementerian untuk menghasilkan generasi kompeten dalam mengisi pembangunan,” ujar Ainun seperti dikutip dari rilis resmi Kemenristekdikti.

Tanamkan nilai nasionalisme

Dalam kesempatan sama Dirjen Belmawa Ismunandar menyampaikan PIMNAS ke 32 di bulan Agustus merupakan bagian menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Vokasi UI Gandeng 6 Universitas Gelar Konferensi Internasional Program Pendidikan Vokasi

Tema PIMNAS ke-32 “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan” sangat erat terkait dengan tema HUT ke-74 RI yaitu "SDM Unggul, Indonesia Maju". 

"PIMNAS itu (menjadi) upaya kita dalam membangun SDM Unggul dan utuh dalam arti mahasiswa berkompetisi tidak dalam kemampuan hard skill saja, tetapi juga soft skill tetapi juga aspek-aspek terkait leadership, komunikasi, presentasi juga sangat dituntut," jelas Ismunandar.

Ia pun menjelaskan PIMNAS menjadi ajang penanaman jiwa nasionalisme mahasiswa. Mereka diajarkan memikirkan dan menyelesaikan masalah-masalah bangsa agar semakin cinta tanah air.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X