Menumbuhkan Kesalehan Sosial Siswa lewat Semangat Berkurban

Kompas.com - 12/08/2019, 17:48 WIB
Pelaksanaan pembagian hewan kurban di lingkungan Sekolah Kharisma Bangsa menyambut Idul Adha 2019, Tangerang Selatan (11/8/2019). DOK. KHARISMA BANGSA SCHOOLPelaksanaan pembagian hewan kurban di lingkungan Sekolah Kharisma Bangsa menyambut Idul Adha 2019, Tangerang Selatan (11/8/2019).

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada Minggu (11/8/2019) kemarin, menurut Presiden Joko Widodo, semestinya menjadi momentum umat Islam mendorong peningkatan kesalehan sosial.

"Paling penting di Hari Raya Idul Adha ini adalah dari sisi kurban, pengorbanan. Ini adalah dorongan kita meningkatkan kesalehan sosial yang saya kira di negara kita masih harus terus kita dorong agar umat melakukan itu dengan baik," ujar Jokowi seusai melaksanakan Shalat Id, sebagaimana dikutip Antara.

Kesalehan sosial ini juga ditunjukan para siswa dari sekolah-sekolah tergabung dalam mitra Education Universal (Eduversal) Indonesia yang menyumbangkan 177 sapi untuk dibagikan kepada masyarakat membutuhkan.

Hewan kurban tersebut dibagikan langsung oleh para siswa dan guru melalui sekolah-sekolah mitra Eduversal di Kharisma Bangsa (Tangerang Selatan), Pribadi School (Depok dan Bandung), Semesta Bilingual School (Semarang), Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School (Banda Aceh), Rancamaya Boarding School (Bogor) dan Kesatuan Bangsa (Yogyakarta).

Semangat ukhuwah

“Kami berharap keberadaan sekolah dan mitra sekolahnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga, pada hari raya Idul Adha ini benar-benar menjadi momentum untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitarnya," ujar Azka Dermawan, PR Manager Eduversal Indonesia melalui rilis resmi.

Baca juga: Pesan Jokowi: Tingkatkan Kesalehan Sosial Lewat Perayaan Idul Adha

Hal senada disampaikan Mehmet Cetin, Counselor dan Penanggung jawab kegiatan kurban Idul Adha Kharisma Bangsa School. 

"Kita ingin menanamkan kepada siswa semangat untuk memberi. Generasi yang kita harapkan itu nantinya generasi yang terbiasa memberi, bukan terbiasa menerima atau meminta. Itu mengapa kami melaksanakan kegiatan kurban di sekolah," jelas Cetin.

Husen Abdillah dari Semesta School Semarang mengatakan, "Kurban dalam rangka melaksanakan kewajiban umat Islam ini diharapkan mampu menanamkan rasa peduli sesama kepada siswa lewat membagi daging ke masyarakat sekitar yang membutuhkan."

"Hal ini menjadi bentuk ukhuwah, mulai dari bersama-sama melakukan penyembelihan, pemaketan dan pendistribusian di sekolah oleh guru, karyawan dan siswa," lanjutnya. 

Perkuat ikatan keluarga

Cetin menjelaskan selain sumbangan sekolah dan mitra, hewan kurban terkumpul juga diperoleh hasil usaha para siswa dan orangtua. "Salah satunya mereka mengadakan Market Day di mana modal dan seluruh keuntungan yang diperoleh seluruhnya disumbangkan untuk kegiatan kurban ini," jelas Cetin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X