Sidang Terbuka UMN: Melahirkan Wirausaha Muda Berintegritas

Kompas.com - 12/08/2019, 20:08 WIB
UMN 2019 menggelar Kuliah Perdana Sidang Senat Terbuka bagi dua ribu lebih mahasiswa baru pada Jumat (9/8/2019) dengan mengangkat tema Menjadi Wirausaha Muda yang Berintegritas. DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARUMN 2019 menggelar Kuliah Perdana Sidang Senat Terbuka bagi dua ribu lebih mahasiswa baru pada Jumat (9/8/2019) dengan mengangkat tema Menjadi Wirausaha Muda yang Berintegritas.

KOMPAS.comUniversitas Multimedia Nusantara ( UMN) 2019 menggelar "Kuliah Perdana Sidang Senat Terbuka" bagi dua ribu lebih mahasiswa baru pada Jumat (9/8/2019) dengan mengangkat tema "Menjadi Wirausaha Muda yang Berintegritas".

Terkait tema, Rektor UMN Ninok Leksono menjelaskan UMN menghadirkan tema tersebut dalam kuliah perdana ini guna membekali mahasiswa dengan semangat berwirausaha, khususnya dalam industri media.

“Kita harap pembicara (Founder dan CEO IDN Media) bisa memberikan gambaran dan wawasan tentang industri media yang sehat di tengah merebaknya media yang masih sering diliputi konten bohong atau tidak akurat, juga tentang prospek industri media dan komunikasi massa dewasa ini,” jelas Ninok.

Insan cerdas berintegritas

Dalam sambutannya Ninok berpesan kepada mahasiswa baru agar mengingat pesan dan hal-hal yang dipelajari selama OMB (Orientasi Mahasiswa Baru) dan memaksimalkan masa studi selama 4 tahun di UMN, sehingga ada nilai tambah dan menjadi insan cerdas dan berintegritas.

Baca juga: UMN Raih Anugerah Kampus Banten Maju 2019

Setidaknya ada 4 pesan penting diingatkan Ninok kepada mahasiswa baru. “Pertama, kampus harus bersih dari segala bentuk intoleranisme dan radikalisme. Kedua, jangan sekali-sekali menyentuh narkoba, karena akan jadi kesengsaraan seumur hidup. Ketiga, tanamkan anti korupsi. Terakhir, perbanyaklah teman dan bergaulah dengan teman yang baik,” pesan Ninok.

Dalam pesannya, Ninok mengajak mahasiswa untuk selalu menjadi terus manusia pembelajar.

"Menghadapi era industri 4.0 yang ditandai dengan artificial intelegent, robotic, big data dan internet of things membutuhkan pemikiran-pemikiran yang lebih cemerlang, yang inovatif sehingga perguruan tinggi dituntut tidak saja menghasilkan sarjana namun juga manusia yang mau terus belajar dan beradaptasi terhadap perubahan," tegas Ninok.

Beasiswa ADiK dan Kompas Gramedia

Dalam Kuliah Perdana Sidang Senat Terbuka 2019 UMN secara simbolis memberikan beasiswa kepada penerima beasisa ADiK Kemenristekdikti dan beasiswa Kompas Gramedia pada Jumat (9/8/2019).DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGAR Dalam Kuliah Perdana Sidang Senat Terbuka 2019 UMN secara simbolis memberikan beasiswa kepada penerima beasisa ADiK Kemenristekdikti dan beasiswa Kompas Gramedia pada Jumat (9/8/2019).

Pada kesempatan sama, Winston Utomo (Founder dan CEO IDN Media) menyampaikan alasannya membangun IDN Media.

“Ini bukan tentang aku, kita, atau sekelompok orang. Tapi ini tentang mimpi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin negara ini menjadi lebih baik, hidup dalam peace and harmony. Kita memiliki moral responsibility kepada masyarakat untuk memberikan berita yang akurat, relevan dan positif,” kata Winston.

Winston juga berpesan agar mahasiswa mengetahui apa yang mau mereka capai dalam hidup mereka dan tidak menjadikan kesuksesan orang lain sebagai barometer.

Acara ini merupakan puncak dari kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) yang berlangsung pada 5-7 Agustus 2019 di kampus UMN. 

Selain tersebut, UMN juga memberikan secara simbolis beasiswa ADiK (Afirmasi Pendidikan Tinggi) dari Kemenristekdikti kepada 5 mahasiswa dari daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) serta beasiswa Kompas Gramedia kepada 10 mahasiswa pilihan berprestasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X