Akademi Ritel Gramedia: Ditunjang Ekosistem dan Pengajar Mumpuni

Kompas.com - 13/08/2019, 08:00 WIB
Wisuda peserta Akademi Ritel Gramedia (ARG) Batch 4, pelepasan magang Batch 5, dan pembukaan kelas baru Batch 6 di Gramedia Learning Center, Jakarta, Senin (1/7/2019).Dokumentasi Akademi Ritel Gramedia Wisuda peserta Akademi Ritel Gramedia (ARG) Batch 4, pelepasan magang Batch 5, dan pembukaan kelas baru Batch 6 di Gramedia Learning Center, Jakarta, Senin (1/7/2019).


KOMPAS.com –
Banyak perusahaan di berbagai bidang yang menyediakan program pendidikan dan pelatihan, baik kepada calon tenaga kerja maupun karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Program ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan tenaga kerja saat memasuki dunia kerja itu dinilai penting karena masih banyak lulusan sekolah atau perguruan tinggi yang belum mendapat pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

Salah satu perusahaan yang telah memikirkan hal itu dan mewujudkannya yaitu Gramedia melalui program Akademi Ritel Gramedia (ARG).

Program ini memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang ritel kepada lulusan SMA atau sederajat sehingga mereka memperoleh bekal yang cukup untuk masuk ke industri ritel.

Pengajar berpengalaman

Tenaga kerja yang sudah dapat bekal berbeda dengan yang masih mentah. Yang sudah ada bekalnya pasti lebih cepat beradaptasi, user-nya juga akan cepat menerima dengan lebih baik. Itulah kenapa perlunya ARG, sudah disiapkan dari A sampai Z untuk bisa masuk,” ujar Operation Director Gramedia Victorinus Sugiarto dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (11/8/2019).

Baca juga: Akademi Ritel Gramedia Dianggap Bisa Kurangi Pengangguran, Apa Kata Lulusan?

Selebihnya, lanjut dia, peserta didik di ARG tinggal melakukan pengembangan diri dalam individunya dan mampu melihat peluang untuk bisa mengikuti perkembangan dalam ekosistem, maksudnya lingkungan kerja secara lebih luas.

Dia menuturkan, kelebihan dari ARG antara lain diisi oleh para pengajar yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun, misalnya karyawan Gramedia itu sendiri, serta pengusaha dan praktisi dalam industri ritel.

“ARG itu pengisi kontennya adalah orang-orang yang teruji di industri yang lebih dari 40 tahun eksis, juga di tengah gempuran online, jadi kapasitasnya sudah ada,” imbuh Sugiarto.

Dia pun menyarankan kepada para peserta yang mengikuti program ARG agar bisa mengembangkan diri dengan mencari tahu lingkungan perusahaan Gramedia secara lebih luas.

Sebab, banyak bekal pengetahuan dan keterampilan yang bisa didapat dan bisa dipraktikkan dalam pekerjaannya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X