Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Ke-4 Akademi Ritel Gramedia Hasilkan Lulusan Ritel Profesional

Kompas.com - 01/07/2019, 16:06 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Akademi Ritel Gramedia (ARG) menggelar wisuda peserta ARG Batch 4 yang diadakan di Gramedia Learning Center, Jakarta, Senin (1/7/2019), sekaligus melakukan pelepasan magang peserta ARG Batch 5 dan pembukaan kelas baru untuk Batch 6.

Program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan Gramedia ini ditujukan kepada para lulusan SMA/SMK atau sederajat agar mendapatkan bekal sebagai tenaga kerja yang siap terjun dalam industri ritel.

Human Resource, Marketing, and Merchandising Director Gramedia Heri Darmawan mengatakan latar belakang diselenggarakan program ini untuk menyatukan dunia pendidikan dan pelatihan dalam satu akademi sehingga terbuka kesempatan banyak orang belajar dan berlatih.

Hasilkan lulusan siap kerja

Selain itu, berbagai perusahaan ritel pun dapat mengambil lulusan program ini untuk bekerja di perusahaan tersebut sesuai kebutuhan masing-masing.

Baca juga: Kompas Gramedia Buka Program KG Influencer untuk Mahasiswa Milenial!

“Kami mencari tenaga yang siap kerja, khususnya di bidang ritel, yang berhubungan dengan hard skill dan soft skill di lapangan. Program ini membuka kesempatan untuk lulusan setingkat SMA dan menyalurkan mereka ke perusahaan terkait yang membutuhkan,” ujar Heri Darmawan kepada Kompas.com di Gramedia Learning Center, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Dia menambahkan, salah satu seleksi dilakukan untuk bisa mengikuti program ini yaitu melalui wawancara seperti biasa dan diutamakan adalah kesungguhan peserta mengembangkan potensi di dalam diri untuk bekerja di industri ritel.

Peserta mengikuti program ini selama empat bulan. Dua bulan pertama merupakan proses belajar di kelas kemudian dua bulan berikut magang di Gramedia atau perusahaan ritel lain.

Penyaluran kerja

Bahan pembelajaran dalam kuliah yang diberikan ialah Pengembangan Karakter, Penampilan Diri, Komunikasi, Bahasa Inggris, Keterampilan Menjual, Layanan Pelanggan, Keterampilan Ritel, dan Pengetahuan Industri Ritel.

“Materi kuliahnya mengadaptasi dari pekerjaan sehari-hari di bidang ritel, misalnya berkomunikasi, berbahasa Inggris, bersikap dan berpakaian, dan product knowledge. Mungkin secara basic sudah dapat di sekolah, tapi pengembangannya sesuai industri ritel yang terus tumbuh sehingga customer merasakan sesuatu yang berbeda,” katanya.

Setelah dinyatakan lulus dari program ini peserta akan disalurkan ke jaringan Gramedia yang saat ini telah mencapai 119 toko di seluruh Indonesia dan berbagai perusahaan ritel sesuai kebutuhan serta kemauan peserta untuk ditempatkan.

Membuka usaha ritel

Dia pun menuturkan, ada juga peserta yang ingin mendapatkan ilmu dari pelatihan ini dan setelah lulus lalu mempraktikkannya dengan membuka usaha ritel sendiri.

“Kalau sudah lulus mereka boleh memilih sesuai kebutuhan, rata-rata ke Gramedia, ada juga yang ke tempat lain, partner-partner kami. Bahkan ada lulusan yang mau buka usaha sendiri di luar Jawa,” ucap Heri.

Lulusan ARG batch 4 berjumlah 12 orang, sedangkan peserta magang batch 5 sebanyak 11 orang, dan peserta kelas baru batch 6 ada 52 orang. Sebelumnya terdapat 25 peserta sudah lulus batch 1, kemudian 20 orang pada batch 2, dan 28 orang pada batch 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com