Bingung Memilih Jurusan, Berikut 6 Pekerjaan untuk Ahli Komputer

Kompas.com - 14/08/2019, 06:14 WIB
Ilustrasi teknologi pengenalan wajah.SHUTTERSTOCK Ilustrasi teknologi pengenalan wajah.

KOMPAS.com - Perkembangan era teknologi digital yang masif, membuat permintaan pekerja profesional di bidang tersebut meningkat tajam.

Bahkan jurusan yang berkaitan dengan teknologi saat ini menjadi salah satu program studi favorit di era digital. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan QS Global Employer tahun 2016.

Menurut hasil survei yang dirilis Desember 2017 silam tersebut, lulusan yang paling mudah bekerja berasal dari disiplin Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.

Dari hasil survei yang dilakukan, prodi Komputer dan Informatika merupakan jurusan yang paling dibutuhkan dunia usaha di seluruh dunia saat ini.

Lantas, prospek pekerjaan apa saja yang bisa didapatkan kelak oleh para mahasiswa lulusan kedua program studi tersebut.

1. Programmer

Programmer adalah salah satu pekerjaan yang bisa dipilih oleh mahasiswa baik dari jurusan Sistem Informasi maupun Teknik Informatika. Pekerjaan ini menuntut kemampuan penguasaan bahasa pemrograman, beserta logikanya.

Seorang programer umumnya akan diminta untuk menciptakan sebuah aplikasi, atau mengembangkannya baik individu maupun secara tim.

Saat kuliah, umumnya mahasiswa akan dibekali dasar-dasar ilmu pemrograman dengan diperkenalkan pada beberapa bahasa program seperti PHP, C++, Pascal, Python dan sebagainya.

Baca juga: Siapkan Ekonomi Digital, SMK Revitalisasi Pembelajaran Teknologi

2. Web Developer

Menjadi seorang web developer juga bisa dipilih oleh mereka yang berasal dari jurusan Sistem Informasi maupun Teknik Informatika.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X