Hari Pramuka, Tepuk Pramuka! Ini 3 Manfaat Tersembunyi Dibaliknya

Kompas.com - 14/08/2019, 09:39 WIB
Gerakan Pramuka IndonesiaKompas.com/Silvita Agmasari Gerakan Pramuka Indonesia

KOMPAS.com - Saat ini Pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di hampir semua satuan pendidikan yang dimulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya dan pertama kali dikenalkan zaman pemerintah Belanda tahun 1923.

Tanggal 14 Agustus 1961 dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional) Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defile Pramuka untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti oleh sekitar 10.000 Pramuka.

Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Pramuka yang diperingati hingga sekarang.

Tepuk tangan merupakan kegiatan yang sudah sangat identik dengan kepramukaan.

Kegiatan yang tampaknya hanya bermain-main ini, ternyata berdasar penilitian para ahli dinyatakan bahwa tepuk tangan bermanfaat mengembangkan dan meningkatkan kebutuhan emosional, fisiologis, sosiologis dan kognitif anak dan remaja.

Baca juga: Hari Pramuka, Ini 7 Alasan Cocok Banget untuk Milenial

DIkutip dari laman ensklopediapramuka.com berikut manfaat tepuk tangan dalam "tepuk pramuka":

1. Manfaat kesehatan

Tepuk tangan dapat meningkatkan kesehatan, karena di dalam organ telapak tangan terdapat pusat syaraf dari semua bagian tubuh. Di telapak tangan terdapat banyak sekali syaraf penghubung kesemua bagian tubuh, setiap syaraf membuat koordinasi sendiri dan menghasilkan efek positip bagi organ organ lainnya.

Oleh sebab itu apa bila kita bertepuk tangan maka semua bagian syaraf akan tertekan dan bereaksi sesuai dengan fungsinya, semakin kita sering bertepuk tangan maka semakin lancar peredaran syaraf atau dengan kata lain melatih kerja berbagai organ dimaksud.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X