Gerakan Kepanduan dan Arti di Balik Lambang Pramuka, Tunas Kelapa...

Kompas.com - 14/08/2019, 15:08 WIB
Pramuka (Praja Muda Karana) ShutterstockPramuka (Praja Muda Karana)
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Pramuka yang telah menyatu di satuan pendidikan Indonesia, membuat perayaannya begitu meriah.

Dari penelusuran Kompas.com, gerakan kepanduan ini pertama kali dikenalkan oleh Robert Stephenson Smyth Baden Powell.

Lambat laun, gerakan ini berkembang sampai Nusantara.

Di Tanah Air, gerakannya tersebar menjadi beberapa generasi. Salah satu yang terkenal adalah Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI). Gerakan kepanduan ini didirikan oleh Dr Moewardi pada 13 September 1930.

Arsip Harian Kompas, 7 Juli 2001 memberitakan selain KBI, ada pula Pandu Rakyat, Pandu Kristen Indonesia, Pandu Ansor dan Hisbul Wathon dari Muhammadiyah.

Berjalannya waktu, seluruh gerakan kepanduan yang ada dilebur menjadi satu di bawah nama Pandu Rakyat Indonesia oleh Menteri P dan K saat itu, yakni Ki Hadjar Dewantara.

Langkah ini pun dipertegas dengan keluarnya Kepres No 238 Tahun 1961.

Baca juga: Hari Pramuka, Tepuk Pramuka! Ini 3 Manfaat Tersembunyi Dibaliknya

Dikabarkan Harian Kompas, 10 Agustus 1967, Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, dengan artian Gerak Rakyat Muda.

Ketua Majelis Pimpinan Nasional Gerakan Pramuka dilantik pada 14 Agustus 1961, dan hingga kini diperingati sebagai hari jadi Gerakan Pramuka.

Tunas Kelapa

Dalam Pramuka, tunas kelapa dijadikan sebagai lambangnya. Apa artinya?

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Bobo
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X