Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Peringkat 51 Dunia Kecakapan Inggris, EF Gelar Program "EF Ambassador"

Kompas.com - 15/08/2019, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - EF English Centers for Adults meluncurkan kampanye EF Ambassador di seluruh center di Indonesia. Kampanye teranyar EF Adults ini menyeleksi siswa yang dianggap mewakili semangat EF Adults dalam memberikan motivasi penggunaan bahasa Inggris yang baik dalam aktivitas sehari-hari.

“EF Ambassador merupakan apresiasi dari kami bagi siswa yang telah belajar dengan baik dan mencapai keberhasilan dalam profesi yang dijalaninya. Dari seluruh siswa EF Adults di Indonesia, terpilih enam orang siswa dinilai mampu mewakili semangat EF Adults," Evan Januli, Head of Marketing EF English Centers for Adults.

“Bertepatan dengan momen menjelang perayaan kemerdekaan Indonesia, kami meluncurkan EF Ambassador, sebuah kampanye yang menghadirkan bukti nyata, living proof akan signifikansi bahasa Inggris sebagai bagian dari upaya mencapai kesuksesan dalam pendidikan, berbagai profesi dan pekerjaan,” ujar Evan.

6 siswa terpilih

Evan menambahkan, "Mereka berasal dari berbagai profesi dan telah membuktikan sendiri bahwa penguasaan bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri sekaligus membuka wawasan lebih luas dalam perjalanan mencapai kesuksesan.” 

Baca juga: LLDikti Gelar Seleksi Kompetisi Debat Bahasa Inggris Nasional

Enam siswa terpilih sebagai EF Ambassador periode Agustus 2019 – Februari 2020 adalah:

  1. Nabila Charisty, Jurnalis (Center The Plaza Jakarta)
  2. Aditya Tri Nugraha, Pastry Chef Student (Center Tunjungan Plaza Surabaya)
  3. Andre Bun, IT Officer (Center Mall Taman Anggrek Jakarta)
  4. Febryanti Lumihi, Assistant Coach, (Center FX Sudirman Jakarta)
  5. Pritta Arum Permatasari, Personal Assistant to CEO (Center Lippo Mall Puri)
  6. Novita Andriani College Student (Center Mall Of Indonesia)

Peringkat 51 dunia

Data EF Adults periode Agustus 2018 - Juni 2019 menunjukkan bahwa 58 persen calon siswa baru berada di level elementary saat memulai pelajarannya.

Elementary level adalah situasi ketika seorang siswa menguasai konstruksi gramatikal dasar serta mampu memahami situasi secara mendasar. Hal tersebut menunjukkan bahwa penguasaan bahasa Inggris masyarakat usia 18 tahun ke atas yang menjadi calon siswa EF Adults masih berada di level cukup rendah.

Data tersebut senada dengan hasil riset EF global yakni English Proficiency Index (EPI) yang dirilis pada akhir 20181, yang menunjukkan tingkat kemampuan bahasa Inggris orang dewasa di Indonesia berada di peringkat ke-13 dari 21 negara di Asia dan peringkat ke-51 dari 88 negara dari seluruh dunia, dan termasuk dalam negara dengan tingkat kecakapan rendah.

Jadi inspirasi belajar

 

Kampanye EF Ambassador diawali pada periode Agustus 2019 hingga Februari 2020, dan akan berlanjut ke periode berikutnya.

Selama masa kampanye, para EF Ambassador berhak memperoleh berbagai benefit, seperti free course selama 3 bulan, Ambassador Kit hingga Certificate of Recognition. EF Adults juga memberikan Ambassador Starter Pack seperti travel bag, notebook, tumbler, dan t-shirt bagi para ambassador terpilih.

EF terus berinvestasi dalam menerapkan pola pendekatan modern dan inovatif sebagai upaya untuk mencapai hasil yang terbaik.

“Kami percaya kampanye ini mampu mendorong setiap siswa untuk belajar lebih baik dan menginpirasi orang lain untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan bahasa Inggrisnya," tutup Evan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com