Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LLDikti Gelar Seleksi Kompetisi Debat Bahasa Inggris Nasional

Kompas.com - 30/06/2019, 23:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 53 Universitas di wilayah DKI Jakarta berpartisipasi dalam kompetisi berbahasa Inggris "National University Debating Championship" (NUDC) tingkat wilayah yang berlangsung di kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong, Tangerang, Banten dari 26 hingga 28 Juli 2019.

"Ini bukan hanya sekedar kompetisi tahunan, tapi merupakan ajang bagi mahasiswa dalam mengasah soft skills yaitu kemampuan berbahasa Inggris, critical thinking, dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa" tutur Kepala LLDikti Wilayah III, Illah Sailah.

Pada era globalisasi ini, Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang banyak digunakan dalam berbagai aspek, seperti pendidikan, bisnis, pariwisata, dan sebagainya. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi hal penting terutama bagi generasi muda saat ini.

Baca juga: Wisuda XV UMN: Manusia Pembelajar Menjawab Tantangan Era Maha Data

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan LLDikti Wilayah III, Imam Yuwono, menyampaikan, "Melihat fenomena ini, LLDikti Wilayah III berupaya dengan terus menggelar NUDC setiap tahun nya dan antusisasme perguruan tinggi untuk terus meningkatkan daya saing juga patut diapresiasi."

"Di tahun ini juga, kami menambahkan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 Juli 2019 di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka," tambahnya.

LLDikti Wilayah III menggelar kompetisi National University Debating Championship (NUDC) yang berlangsung di kampus UMN, Serpong, Tangerang, Banten dari 26 hingga 28 Juli 2019.Dok. LLDikti LLDikti Wilayah III menggelar kompetisi National University Debating Championship (NUDC) yang berlangsung di kampus UMN, Serpong, Tangerang, Banten dari 26 hingga 28 Juli 2019.

Menurut Adjudicator NUDC Dora Angelina, "Yang menjadi kriteria kejuaraan adalah bagaimana debaters melihat dan memahami permasalahan yang terjadi, bagaimana menyampaikan argumen terhadap mosi, analytic skills, serta mampu mendengar lawan."

Sistem debat ini juga menggunakan British Parliamentary terdiri dari: babak penyisihan, babak perempat final, babak semifinal, hingga babak final.

Sebanyak 11 tim terbaik Perguruan Tinggi berhasil masuk ke babak final mewakili wilayah mengikuti seleksi tingkat nasional di Universitas Airlangga, Surabaya tanggal 14-19 Juli 2019 mendatang.

Universitas yang lolos ke babak nasional mewakili DKI Jakarta yakni; Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Unika Atma Jaya, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Bakrie, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Tarumanegara, Universitas Al-Azhar, Universitas Bina Nusantara, Universitas Terbuka, dan Universitas Prasetya Mulya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com