Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Peduli Pendidikan, Mari Berbagi Kisah Inspiratif...

Kompas.com - 22/08/2019, 08:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Layaknya kemerdekaan, pendidikan adalah hak segala bangsa. Namun sayang, masih banyak pelajar di Indonesia yang harus berjuang lebih keras demi mendapatkan pendidikan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2019 menyebutkan masih ada 25,14 juta penduduk Indonesia berada di bawah garis kemiskinan dan di antaranya berstatus sebagai pelajar.

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Kompas.com bekerja sama dengan sejumlah perusahaan edukasi berbasis teknologi atau edutek (edutech) menggelar photo competition #KompascomPeduliPendidikan.

Dengan semangat kemerdekaan, Kompas.com mengajak masyarakat membagikan kisah inspiratif pelajar yang pantang menyerah di lingkungan sekitarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Seperti kemerdekaan yang diraih dengan susah payah, bagi sebagian pelajar pendidikan adalah hal yang harus diperjuangkan. Dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke-74, Kompas.com mengajak kamu untuk berbagi kisah inspiratif tentang pelajar Indonesia (tingkat SD, SMP, SMA) yang pantang menyerah demi meraih pendidikan dan cita-cita di tengah kekurangan. Upload foto pelajar inspiratif dan pantang menyerah yang kamu kenal dan ceritakan kisahnya dalam caption postingan Instagram kamu. Jangan lupa tuliskan juga tagar #KompascomPeduliPendidikan dan tag serta mention akun Instagram @kompascom, ya. Periode photo competition dimulai dari tanggal 21 hingga 23 Agustus 2019. Ada hadiah voucher Zenius untuk 17 pelajar yang terpilih. Ayo, bagikan inspirasi #JernihMelihatDunia dan menjadi Pahlawan Pendidikan!

A post shared by Kompas.com (@kompascom) on Aug 20, 2019 at 6:22am PDT

Para pelajar, generasi milenial, dapat mengunggah foto dan menceritakan kisah sosok pelajar inspiratif yang ia kenal pantang menyerah meski berada di tengah kekurangan.

Peserta kompetisi diharuskan mengunggah foto dan kisah tersebut ke media sosial (Instagram, Twitter, atau Facebook) dengan tagar #KompascomPeduliPendidikan dan tag serta mention akun media sosial Kompas.com dalam unggahan tersebut.

Sebanyak 17 pengunggah terpilih akan mendapatkan hadiah berupa voucher edutech dari Zenius yang bisa digunakan untuk belajar di platform masing-masing.

E-poster Kompas.com Peduli PendidikanDOK. KOMPAS.com E-poster Kompas.com Peduli Pendidikan

Periode kompetisi berlangsung mulai tanggal 21 hingga 23 Agustus 2019 dengan hadiah 17 voucher edutech Zenius yang bisa digunakan di masing-masing platform.

Pendidikan merupakan hal yang fundamental dalam pembentukan karakter sumber daya manusia.

Seperti ungkapan "non scholae, sed vitae discimus" yang berarti "kita belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup", diharapkan kisah mereka ini akan mampu menginspirasi pelajar lainnya untuk terus berjuang menggapai cita-cita dalam hidupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com