Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

265 Startup Muncul dari Kawasan Sains dan Teknologi IPB

Kompas.com - 23/08/2019, 20:16 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kawasan Sains dan Teknologi (Science Techno Park) Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melakukan Program Inkubasi yang dimulai sejak 1994. Kegiatan inkubasi ini antara lain sosialisasi, rekrutmen, dan pendampingan tenant di dalam ataupun luar kawasan.

Hingga saat ini telah muncul 265 startup atau perusahaan rintisan digital dihasilkan melalui KST IPB.

“Sudah ada 265 startup yang dihasilkan sampai sekarang dengan tingkat keberhasilan 83 persen,” ujar Direktur KST IPB Rokhani Hasbullah, seperti dilansir Antara, Kamis (22/8/2019).

KST IPB berperan memberi fasilitas pengembangan teknologi dan inovasi untuk menghasilkan startup dan penguatan sektor industri melalui penyediaan ilmu pengetahuan dan teknologi, infrastruktur fisik, dan dukungan manajemen.

Adapun fokus yang dikembangkan KST IPB yaitu di bidang pertanian tropika, pangan, biosains, dan kelautan.

“Semoga melalui KST diharapkan akan tercipta ekosistem inovasi yang pada akhirnya dapat menumbuhkembangkan startup baru yang inovatif, mandiri, dan berdaya saing,” imbuh Rokhani.

Baca juga: Dukung Pertumbuhan Startup, Binus Buka Coworking Space CoHive

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun 2017 tentang Kawasan Sains dan Teknologi, KST bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi agar bisa mendukung pertumbuhan ekonomi.

KST IPB merancang dan mengimplementasikan Program Inkubasi Bisnis bagi tenant untuk periode satu sampai tiga tahun dan Program Akselerasi Bisnis untuk mempercepat pengembangan bisnis tenant dan para pelaku usaha kecil dan menengah yang bekerja sama dengan KST IPB.

Program Akselerasi Bisnis dibuat sebagai usaha untuk meningkatkan layanan program pengembangan bisnis melalui pelatihan, coaching, mentoring, dan business matching yang berkolaborasi dengan mitra KST IPB.

Di samping itu, para tenant dapat memanfaatkan fasilitas pilot plant, design center, dan packaging house dalam melakukan peningkatan kapasitas produksi di dalam kawasan KST IPB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com