SMK Bisa, Siswa SMK Indonesia Raih 15 Medali pada WSC 2019 Rusia

Kompas.com - 29/08/2019, 21:17 WIB
Siswa SMK Indonesia berhasil meraih prestasi dalam World Skill Competition (WSC) yang berlangsung pada 22 hingga 27 Agustus 2019 di Kazan, Rusia. Dok. KemendikbudSiswa SMK Indonesia berhasil meraih prestasi dalam World Skill Competition (WSC) yang berlangsung pada 22 hingga 27 Agustus 2019 di Kazan, Rusia.

KOMPAS.com – Kabar membanggakan datang dari para siswa sekolah menengah kejuruan ( SMK) Indonesia yang berkompetisi pada ajang internasional. Mereka berhasil meraih prestasi dalam World Skill Competition ( WSC) yang berlangsung pada 22 hingga 27 Agustus 2019 di Kazan, Rusia.

Ini merupakan kompetisi tingkat paling tinggi yang menguji kemampuan generasi muda dari seluruh dunia yang fokusnya pada berbagai keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri.

Siswa SMK yang mewakili Indonesia kali ini berhasil membawa pulang 15 medali dengan total nilai perolehan medali (medal points) mencapai 20 poin.

"Selamat kepada tim World Skill Indonesia tahun 2019 yang berlangsung di Kazan. Ini tentu prestasi terbaik yang kita raih tahun ini," ucap Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi dalam situs resmi Kemendikbud, Kamis (29/8/2019).

Peringkat 15 dunia

Dalam WSC tahun ini, tim Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-15 dari 62 negara peserta. Ternyata hasil itu bisa melampaui posisi peserta lainnya, terutama yang datang dari negara maju.

Dengan pencapaian itu, Indonesia menempati kedudukan satu tingkat di atas Australia yang berada di peringkat ke-16 dengan meraih nilai 18 poin. Secara keseluruhan, negeri kanguru itu memperoleh 13 medali yang terdiri dari satu medali perak, tiga medali perunggu, dan sembilan medallion for excellence.

Baca juga: Revitalisasi SMK, Dinas Pendidikan DKI Gelar Job Matching dan SMK Expo

Tidak hanya itu, posisi Indonesia pun melewati posisi peserta dari Kanada yang bercokol di peringkat ke-17, dengan meraih 17 poin dan total 15 medali yang terdiri dari satu perak dan 14 medallions for excellence.

Adapun Norwegia menduduki peringkat ke-31 dengan perolehan nilai enam poin dan enam medallion for excellence, sedangkan Belanda di posisi ke-22 setelah memperoleh 11 poin dan 11 medallion for excellence.

"Prestasi siswa SMK di ajang WSC tersebut tentu dapat memicu semangat dan motivasi bagi para siswa SMK untuk lebih berprestasi di kancah internasional," imbuh Didik.

Pihaknya mengharapkan perolehan medali bisa ditingkatkan lagi pada masa mendatang, khususnya medali emas. Dengan persiapan yang lebih baik, ditargetkan pada kompetisi tahun depan perolehan medali secara kumulatif akan lebih banyak lagi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X