UI Wisuda 1.853 Mahasiswa Program Sarjana Paralel, Ekstensi, dan Vokasi

Kompas.com - 30/08/2019, 20:21 WIB
Upacara wisuda untuk Program  Sarjana Paralel, Ekstensi, dan Pendidikan Vokasi semester genap tahun akademik 2018/2019 pada Jumat (30/8/2019) di Balairung UI Kampus Depok. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAUpacara wisuda untuk Program Sarjana Paralel, Ekstensi, dan Pendidikan Vokasi semester genap tahun akademik 2018/2019 pada Jumat (30/8/2019) di Balairung UI Kampus Depok.


KOMPAS.com – Universitas Indonesia ( UI) melakukan upacara wisuda untuk Program Sarjana Paralel, Ekstensi, dan Pendidikan Vokasi semester genap tahun akademik 2018/2019 pada Jumat (30/8/2019) di Balairung UI Kampus Depok.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian dari Upacara Wisuda dan Penyambutan Program Pendidikan Diploma/Vokasi, Sarjana, hingga Doktoral yang diadakan hingga Sabtu (31/8/2019) di tempat yang sama.

Khusus untuk Program Sarjana Paralel, Ekstensi, dan Pendidikan Vokasi, terdapat 1.853 wisudawan yang terdiri dari 880 lulusan Program Sarjana Paralel, 201 lulusan Program Sarjana Ekstensi, dan 772 lulusan Pendidikan Vokasi.

Mereka merupakan sebagian dari keseluruhan 8.005 lulusan yang diwisuda, mulai dari program pendidikan diploma/vokasi, sarjana, sampai doktoral. Sebanyak 2.650 wisudawan di antaranya lulus dengan predikat cumlaude.

Lulusan berdaya saing

Sebagai pemimpin upacara wisuda, Rektor UI Prof. Muhammad Anis mengatakan pada era disrupsi seperti saat ini perguruan tinggi harus melakukan transformasi secara inovatif sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan berdaya saing global.

Baca juga: FEB UI Akan Gelar “The 20th Tax Seminar and Training”

“Sebagai lulusan dari PTN terbaik di Indonesia, diharapkan kalian menjadi SDM yang adaptif, tangguh, berintegritas, kompeten, memiliki pandangan maju ke depan, serta memiliki karakter yang santun, berbudi luhur, serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan domestik maupun global,” ujar Anis dalam sambutannya.

Dia menambahkan, untuk menghasilkan lulusan semacam itu, perguruan tinggi harus mengadaptasi kurikulum, metode pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler agar para lulusan memiliki 10 keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja.

Ke-10 keterampilan itu yakni complex problem solving, berpikir secara kritis, berpikir kreatif, kemampuan mengelola orang, kemampuan berkoordinasi dengan orang lain, memiliki kecakapan emosional, kemampuan mengambil keputusan, berorientasi pada layanan, kemampuan bernegosiasi, dan cognitive flexibility.

Program e-learning

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met memberikan pidato pada upacara wisuda Program Sarjana Paralel, Ekstensi, dan Pendidikan Vokasi semester genap tahun akademik 2018/2019 pada Jumat (30/8/2019) di Balairung UI Kampus Depok.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met memberikan pidato pada upacara wisuda Program Sarjana Paralel, Ekstensi, dan Pendidikan Vokasi semester genap tahun akademik 2018/2019 pada Jumat (30/8/2019) di Balairung UI Kampus Depok.

Anis pun menuturkan, UI berkomitmen dan berupaya melakukan inovasi dalam menjawab berbagai tantangan saat ini dan masa mendatang agar dapat menghasilkan SDM andal dalam memanfaatkan data dan informasi pada berbagai bidang kehidupan, serta menciptakan inovasi tepat guna.

“UI juga mengintensifkan penggunaan e-learning dalam metode pembelajarannya, bukan saja bagi mahasiswa UI sendiri, melainkan juga dapat dinikmasti oleh masyarakat luas di Indonesia,” imbuh Anis.

Diungkapkan bahwa sampai akhir 2018, sebanyak 2.225 mata kuliah di UI telah menggunakan e-learning, dengan jumlah 2.079 peserta kuliah daring atau meningkat 154 persen dari tahun lalu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X