9 Langkah agar Belajar di Kelas Tidak Membosankan

Kompas.com - 06/09/2019, 16:14 WIB
Ilustrasi siswa belajar di kelas. Pixabay via Oddity CentralIlustrasi siswa belajar di kelas.

KOMPAS.com – Cara guru menyampaikan materi pengajaran yang kurang aktif melibatkan siswa menjadi salah satu masalah yang ditemui dalam dunia pendidikan di hampir semua negara di dunia.

Di Amerika Serikat, Jennifer Gonzalez sebagai seorang guru yang juga memiliki National Board Certification Teacher mengatakan, pengajaran model pasif seperti itu terus berlangsung terus-menerus selama bertahun-tahun.

Menurut wanita yang juga ibu rumah tangga itu, jenis pengajaran tersebut juga dialami anaknya ketika di sekolah, di mana seharusnya siswa dilibatkan untuk mempelajari dan memahami konsep materi yang diajarkan melalui praktik secara langsung.

Siswa bukan hanya diberikan materi pelajaran yang disampaikan di papan tulis atau PowerPoint, lalu diminta menyalin yang dikatakan guru. Hal itu belum tentu berarti bahwa para siswa sudah mengerti materi tersebut. Bahkan hal itu bisa mengakibatkan kegagalan belajar pada siswa.

Baca juga: 5 Langkah Belajar di Kelas, Guru Sering Lupakan Langkah Penting Ke-3

Jennifer berpendapat, tugas guru bukan berarti selesai setelah menjelaskan materi pelajaran. Maka dari itu, masalah ini harus diperbaiki dan bisa diselesaikan melalui berbagai cara. Solusinya tidak harus susah, memakan waktu, dan mahal.

Cukup tambahkan aktivitas dalam kegiatan belajar di kelas yang akan membantu membangkitkan daya pikir siswa, mengamati pola dan hubungan dengan materi pelajaran sebelumnya, dan mengalami hal baru sehingga siswa mampu mengingat materi dengan lebih baik.

Untuk memperbaiki pengajaran yang sifatnya pasif, berikut ini delapan langkah yang bisa dilakukan dalam kegiatan siswa:

1. Memilah

Kelompokkan materi pengajaran sesuai dengan jenisnya, beri nama, dan instruksikan kepada siswa yang mengharuskan mereka membuat skema dan menghubungkan materi pengajaran tersebut.

2. Pekerjaan kinestetik

Melakukan permainan peran dan simulasi singkat dapat membantu siswa memvisualisasikan proses dan hubungan antara materi pelajaran. Aktivitas ini juga bisa dilakukan dengan membuat model dari Play-Doh atau kardus.

3. Diskusi

Memberi waktu beberapa menit kepada siswa untuk membahas materi pelajaran, terutama saat mereka mengambil sikap tentang suatu topik dan mendukungnya dengan bukti, dapat membantu mereka mempelajari materi itu lebih baik. Harus dipastikan pula bahwa semua siswa ikut berpartisipasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X