Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S2 dan S3 di Irlandia, Ikuti Syarat dan Tahapnya

Kompas.com - 16/09/2019, 17:10 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Irlandia melalui Kementerian Pendidikan menyediakan program beasiswa pascasarjana bagi kamu yang ingin menjalani kuliah dan melakukan riset di Irlandia.

Beasiswa ini tersedia untuk 1.193 mahasiswa jenjang S2 dan S3 pada tahun 2018. Nantinya secara keseluruhan akan diberikan kepada lebih dari 5.000 individu dalam program penelitian yang sama.

Ini merupakan program beasiswa favorit dan kompetitif dari Pemerintah Irlandia karena menawarkan berbagai keuntungan, yaitu pembiayaan riset, penghargaan untuk riset, proses seleksi yang obyektif, dan kesempatan untuk mahasiswa semua jurusan atau disiplin ilmu bisa ikut mendaftar.

Cakupan beasiswa

1. Tunjangan sebesar 16.000 euro per tahun.

Baca juga: Beasiswa S2 di Inggris Vice-Chancellor’s International Buka 200 Kuota Peserta

2. Biaya tambahan, termasuk biaya non-UE, maksimal hingga 5.750 euro per tahun.

3. Biaya penelitian bagi peserta yang memenuhi syarat sebesar 2.250 euro per tahun.

Syarat pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta harus membaca syarat dan ketentuan yang berlaku dengan cermat untuk memastikan apakah mereka bisa memenuhi syarat tersebut atau tidak. Beberapa syarat yang ditentukan antara lain berikut ini:

1. Calon peserta memiliki gelar sarjana dengan klasifikasi first-class atau upper second-class honor atau yang setara di negara asalnya.

2. Calon peserta yang masih menunggu proses ijazahnya boleh mengumpulkan surat hasil belajar sementara (SKL) dengan syarat mendapat klasifikasi first-class atau upper second-class honor atau yang setara di negara asalnya.

3. Calon peserta yang tidak mendapat klasifikasi first-class atau upper second-class honor saat S1 masih boleh mendaftar program S3 dengan syarat sudah memiliki gelar S2.

4. Calon peserta yang sebelumnya sudah pernah mendaftar beasiswa Pemerintah Irlandia sebanyak dua kali tetapi gagal, tidak diperbolehkan untuk mendaftar lagi.

5. Calon peserta yang melamar program S2 dan sudah mendapatkan beasiswa dari pihak lain tidak diperbolehkan mendaftar.

6. Calon peserta yang melamar program S3 dan sudah mendapatkan beasiswa dari pihak lain tidak diperbolehkan mendaftar, kecuali beasiswa yang diberikan murni untuk keperluan riset.

Prosedur pendaftaran

1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti curriculum vitae (CV), surat rekomendasi, dan transkip nilai.

2. Jika syarat dokumen sudah dipenuhi, calon peserta melakukan pendaftaran secara online dengan login terlebih dahulu pada link yang tersedia. Setelah itu calon peserta akan diminta untuk mengisi data diri dan mengikuti proses selanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com