Menjadi Negara "Adidaya Budaya" lewat Manajemen Talenta Siswa

Kompas.com - 22/09/2019, 13:29 WIB
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) telah resmi ditutup oleh Direktur Pembinaan SMA (PSMA) Purwadi Sutanto (20/0/2019) di Bandar Lampung. Provinsi Lampung sekaligus menjadi pengumpul medali terbanyak dalam gelaran FLS2SN 2019 ini.
DOK. PSMA/KEMENDIKBUDFestival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) telah resmi ditutup oleh Direktur Pembinaan SMA (PSMA) Purwadi Sutanto (20/0/2019) di Bandar Lampung. Provinsi Lampung sekaligus menjadi pengumpul medali terbanyak dalam gelaran FLS2SN 2019 ini.

KOMPAS.com - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) telah resmi ditutup pada 20 September 2019 di Bandar Lampung. Provinsi Lampung sekaligus menjadi pengumpul medali terbanyak dalam gelaran FLS2SN 2019 ini.

"Hari ini merupakan akhir dari suatu rangkaian kegiatan unjuk kreativitas dalam bidang seni, dimana para siswa berjuang untuk menjadi yang terbaik mewakili provinsinya masing-masing," ujar Direktur Pembinaan SMA (PSMA) Purwadi Sutanto dalam penutupan acara (20/0/2019).

Namun lebih jauh Purwadi mengingatkan penutupan FLS2N bukan menjadi garis akhir bagi siswa untuk terus meningkatkan prestasi.

"Kegiatan ini bukan akhir dari suatu tujuan tetapi justru merupakan proses untuk mengasah kreativitas dan potensi diri menggapai prestasi yang lebih tinggi," harap Purwadi

Prestasi siswa luar Jawa

Kemampuan seni siswa sekolah menengah atas tidak ternyata tidak hanya milik siswa dan sekolah di Pulau Jawa saja. Terbukti, provinsi-provinsi luar Jawa mendominasi perolehan medali dalam FLS2N tahun.

Baca juga: FLS2N 2019: Perkuat Pendidikan Non-Akademik Jadi Bagian Pembelajaran

Berikut raihan perolehan medali provinsi dalam FLS2N 2019:

  1. Lampung: 2 emas, 1 perak, 1 perunggu
  2. DKI Jakarta: 2 emas, 2 perunggu
  3. Bali: 2 emas
  4. Gorontalo: 2 emas
  5. Jawa Timur: 1 emas, 3 perak
  6. Jawa Barat: 1 emas, 1 perak, 1 perunggu
  7. Riau: 1 emas, 1 perunggu
  8. Aceh: 1 emas
  9. Nusa Tenggara Barat: 1 emas
  10. Sumatera Selatan: 1 emas
  11. DI Yogyakarta: 2 perak

Jadi negara "adidaya budaya"

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) telah resmi ditutup oleh Direktur Pembinaan SMA (PSMA) Purwadi Sutanto (20/0/2019) di Bandar Lampung. Provinsi Lampung sekaligus menjadi pengumpul medali terbanyak dalam gelaran FLS2SN 2019 ini.DOK. PSMA/KEMENDIKBUD Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) telah resmi ditutup oleh Direktur Pembinaan SMA (PSMA) Purwadi Sutanto (20/0/2019) di Bandar Lampung. Provinsi Lampung sekaligus menjadi pengumpul medali terbanyak dalam gelaran FLS2SN 2019 ini.

"Kalau kita kenal Amerika adalah negara super power, tetapi Indonesia adalah negara super powernya seni. Kita memiliki ," ujar Purwadi.

Guna melestarikan dan mengembangkan bidang seni budaya, Purwadi menjelaskan pihaknya terus berupaya mengerahkan daya dan usaha dalam mengarahkan siswa membangun bangsa.

"Seni juga mampu mendorong sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan sehingga dapat memperkuat karakter mereka. Hal ini sesuai dengan tema FLS2N tahun 2019 yaitu 'Seni Menyatukan Keberagaman'," jelas Direktur PSMA.

Ia mengharapkan peserta FLS2N tahun ini akan menjadi duta-duta seni yang akan melanjutkan dan akan membawa Indonesia ke masa depan menjadi Indonesia Emas dan Berjaya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X