Pekan Kebudayaan Nasional 2019 Jadi Surga bagi Pelancong

Kompas.com - 07/10/2019, 17:14 WIB
Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (7/10/2019). KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAPembukaan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (7/10/2019).

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan telah membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, kegiatan ini merupakan surga bagi para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri.

Ia juga berharap perhelatan ini tidak hanya menjadi acara kebudayaan, tapi bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia.

"Mau makanan ada banyak, pelestarian budaya juga ada, segala macam yang positif ada. Mari kita budayakan supaya Indonesia jadi tujuan wisata dunia," ucap Didik dalam pembukaan PKN di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (7/10/2019).

The power of culture

Didik pun optimistis pergelaran ini bisa menjadi event intermasional yang bisa mengundang tamu-tamu dari berbagai negara lain di dunia.

Menurut Didik, sudah seharusnya PKN ini dipromosikan seluas-luasnya kepada para pelancong dari dalam dan luar negeri. Sebab, PKN tidak hanya menjadi kegiatan berhubungan dengan kebudayaan yang ditampilkan di sini, tetapi juga ada aneka kuliner dan permainan rakyat.

Baca juga: Pekan Kebudayaan Nasional Dibuka, Jadi Ruang Ekspresi Ragam Budaya

Dengan demikian, orang Indonesia tidak perlu melakukan kunjungan wisata ke negara lain, seperti ke Eropa, termasuk untuk wisata berbau kebudayaan.

"Saya heran orang Indonesia berwisata ke luar negeri, misalnya lihat patung-patung, padahal di Indonesia ini gudangnya. Banyak makanan juga, pasti lebih menarik. Indonesia terkenal dengan the power of culture," imbuh Didik.

Ia pun menginginkan agar semua pihak ikut menyosialisasikan acara ini sehingga negara kita diisi dengan berita-berita positif dan menyejukkan, bukan dengan berita hoaks yang membuat suasana panas dan tidak harmonis.

Kegiatan tahunan berjenjang

PKN merupakan implementasi dari salah satu strategi pemajuan kebudayaan yang disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018, yaitu menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya dan mendorong interaksi antar-kebudayaan yang beragam di Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X