BERITA FOTO: Ada Apa Saja di Pekan Kebudayaan Nasional?

Kompas.com - 08/10/2019, 13:08 WIB
Gapura berbentuk burung garuda karya seniman Bali yang bisa ditemui pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAGapura berbentuk burung garuda karya seniman Bali yang bisa ditemui pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.


KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) telah membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, cita-cita kemerdekaan Indonesia bukan hanya menghadirkan kesejahteraan yang dicapai melalui pembangunan ekonomi, melainkan memerlukan pembangunan yang lebih komprehensif dan secara mendasar menyentuh dimensi manusia, terutama tercapainya Indonesia bahagia.

Ia pun mengingatkan bahwa pada hakikatnya pembangunan manusia merupakan pembangunan yang berbasis kebudayaan.

"Dalam menghidupkan kreativitas dan keanekaragaman ekspresi budaya, kita memerlukan ruang interaksi yang inklusif. Tidak ada keanekaragaman budaya tanpa interaksi yang melibatkan semua golongan. Karena itu, sudah tepatlah bila Pekan Kebudayaan Nasional ini mengangkat tema 'Ruang Bersama Indonesia Bahagia',” ujar Muhadjir dalam pembukaan PKN.

Sementara itu, menurut Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi, kegiatan ini merupakan surga bagi para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri.

Ia berharap perhelatan ini tidak hanya menjadi acara kebudayaan, tetapi bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Baca juga: Pekan Kebudayaan Nasional 2019 Jadi Surga bagi Pelancong

"Mau makanan ada banyak, pelestarian budaya juga ada, segala macam yang positif ada. Mari kita budayakan supaya Indonesia jadi tujuan wisata dunia," ucap Didik.

Ia pun optimistis pergelaran ini bisa menjadi event intermasional yang mampu mengundang tamu-tamu dari berbagai negara lain di dunia. Menurut Didik, sudah seharusnya PKN ini dipromosikan seluas-luasnya kepada para pelancong dari dalam dan luar negeri.

Sebab, PKN tidak hanya menjadi kegiatan berhubungan dengan kebudayaan yang ditampilkan di sini, tetapi juga ada aneka kuliner dan permainan rakyat.

Untuk tahun ini, peserta yang mengikuti PKN berasal dari 26 provinsi, dan diharapkan tahun depan bisa bertambah sampai 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Pergelaran PKN 2019 terdiri dari sejumlah kegiatan utama, yaitu Kompetisi Daerah, Kompetisi Nasional, Konferensi Pemajuan Kebudayaan, Ekshibisi Kebudayaan, Pergelaran Karya Budaya Bangsa, dan Parade Budaya.

Dalam rangkaian PKN akan ada 10 kompetisi, 27 konferensi, 120 pertunjukan, 24 pameran, dan 3.500 peserta pawai dari 26 provinsi. Selain itu, ada pula seminar dan komunitas dari seluruh Indonesia. Secara total, mereka akan tampil dalam 245 pentas pertunjukan.

Untuk mendapatkan gambaran tentang PKN 2019, berikut ini sejumlah foto mengenai kegiatan yang bisa disaksikan di sana:

Kerajinan karya seniman Bali yang dipamerkan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kerajinan karya seniman Bali yang dipamerkan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kelompok seni musik gamelan dari Jawa Tengah yang menjadi salah satu peserta Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kelompok seni musik gamelan dari Jawa Tengah yang menjadi salah satu peserta Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pernak-pernik terkait upacara tradisional Melasti dari Bali yang dipamerkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Pernak-pernik terkait upacara tradisional Melasti dari Bali yang dipamerkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Karya seni wayang kulit bergambar mantan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia serta Presiden Joko Widodo yang dipamerkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Karya seni wayang kulit bergambar mantan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia serta Presiden Joko Widodo yang dipamerkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Aneka gambar dan keterangan tentang sebaran warisan budaya Indonesia yang bisa dijumpai dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Aneka gambar dan keterangan tentang sebaran warisan budaya Indonesia yang bisa dijumpai dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Lukisan sebagai hasil karya seniman dari berbagai aliran yang dipertunjukkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Lukisan sebagai hasil karya seniman dari berbagai aliran yang dipertunjukkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Berbagai jenis lukisan yang dipamerkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Berbagai jenis lukisan yang dipamerkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Permainan tradisional terompah panjang atau balap bakiak yang menjadi salah satu lomba dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Permainan tradisional terompah panjang atau balap bakiak yang menjadi salah satu lomba dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.

Permainan tradisional egrang yang ikut dilombakan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Permainan tradisional egrang yang ikut dilombakan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.

Beraneka macam kuliner tradisional Indonesia yang bisa dinikmati dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Beraneka macam kuliner tradisional Indonesia yang bisa dinikmati dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.

Berbagai jenis buah dan sayur sebagai hasil kekayaan alam Indonesia yang dihadirkan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Berbagai jenis buah dan sayur sebagai hasil kekayaan alam Indonesia yang dihadirkan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.

Beraneka jenis buah dan sayur yang menjadi hasil kekayaan alam Indonesia didatangkan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Beraneka jenis buah dan sayur yang menjadi hasil kekayaan alam Indonesia didatangkan pada Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Kompleks Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X