Target Baca 30 Buku? 8 Tips Dosen IAIN Samarinda Ini Bisa Ditiru

Kompas.com - 14/10/2019, 15:54 WIB
Arsinah Sadar dosen IAIN Samarinda, Kalimantan Timur membentuk The Club Book atau kelompok baca untuk para mahasiswa yang diampunya. DOK. TANOTO FOUNDATION/ARSINAH SADARArsinah Sadar dosen IAIN Samarinda, Kalimantan Timur membentuk The Club Book atau kelompok baca untuk para mahasiswa yang diampunya.

KOMPAS.com - Membaca semestinya sudah menjadi "makanan" sehari-hari mahasiswa. Bukan hanya untuk mendukung studi, membaca juga bertujuan menambah wawasan dan menjadi bagian yang tidak dapat dilepas dalam pengembangan diri.

Namun pada kenyataannya, banyak ditemui mahasiswa kurang terampil memahami isi buku dan kesulitan mempresentasikan isi buku pada waktu perkuliahan.

Hal ini mendorong Arsinah Sadar dosen IAIN Samarinda, Kalimantan Timur membentuk "The Club Book" atau kelompok baca untuk para mahasiswa yang diampunya.

Berangkat dari pengalaman pelatihan Program Pintar dari Tanoto Foundation yang pernah diikutinya, Arsinah melatih mahasiswa untuk mampu mempresentasikan hasil-hasil penelitian sehingga memudahkan mereka nanti saat menyampaikan isi penelitian ketika ujian akhir kelulusan (munaqosah).  

"Program ini menargetkan membaca buku sebanyak 30 buku, 10 hasil penelitian dan 10 jurnal," ujar Arsinah.

Terlihat berat? Tidak juga. Arsinah memberikan 8 strategi menarik lewat klub buku yang didampinginya agar bersemangat mengikutinya:

1. Smile Group

Sebagai langkah awal mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 3 mahasiswa. Setiap kelompok nantinya wajib memiliki 3 judul berbeda.

Baca juga: Buku Digital, Inovasi Pembelajaran Perkuat Literasi Kalimantan Utara

Mereka kemudian dapat belajar bersama, membaca dan berdiskusi lalu di-share di Google Class Room. Dalam platform ini mereka saling berbagi hasil bacaan dalam bentuk resume. Kembali, hasil diskusi kelompok ini akan dibagikan dalam kegiatan focus group.

2. Focus Group

Kegiatan ini dilaksanakan di kelas, di mana setiap grup akan menyampaikan isi buku. Setiap kelompok menugaskan satu orang dikelompok untuk presentasikan kepada kelompok lain yang berkunjung ke kelompoknya.

Saling mengunjungi kelompok ini terus berjalan sehingga seluruh kelompok mendapatkan kesempatan sama mempresentasikan hasil bacaan mereka. Waktu kegiatan dilakukan selama 1 jam perkuliahan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X