Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurikulum Nasional Finlandia Tidak Berubah meski Pemerintahan Berganti

Kompas.com - 15/10/2019, 19:18 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Sistem pendidikan di Finlandia memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Salah satu keunggulannya yaitu dari segi kurikulum nasional.

Seorang pakar dan praktisi pendidikan Finlandia bernama Petri Vuorinen yang menjabat sebagai Kepala Sekolah The English School di Helsinki mengungkapkan, kurikulum nasional yang telah ditetapkan di negara itu akan berlaku selama 10 tahun dan tidak akan berubah meskipun pemerintahan dan kebijakannya berganti.

Hal itulah yang membuat konsistensi dalam pendidikan di sana sehingga menghasilkan kualitas peserta didik yang bagus.

Kurikulum nasional berubah setiap 10 tahun. Itulah masa berlakunya suatu kurikulum jika sudah ditetapkan,” ucap Petri Vuorinen kepada Kompas.com dalam suatu perbincangan pada akhir pekan lalu di Jakarta.

Saat kurikulum nasional diluncurkan pertama kali, tentunya dalam satu atau dua tahun pertama masih terasa sesuai dengan zamannya. Namun, lama-kelamaan zaman terus berubah dan sistem pendidikan pun harus ikut berkembang.

Maka dari itu, kalaupun mau mengikuti perkembangan zaman, maka yang bisa diubah adalah kurikulum sekolah. Namun, perubahan itu harus tetap berbasis pada kurikulum nasional.

Baca juga: Tidak Ada Ujian Nasional di Finlandia, Hal Ini yang Dipandang Penting

“Hal penting yang perlu dimengerti bahwa kurikulum nasional harus mendukung kurikulum sekolah. Sekolah juga harus melaksanakannya karena itu mencerminkan karakter personal dan semangat dari sekolah tersebut,” imbuhnya.

Vuorinen menuturkan, tidak selamanya pelaksanaan kurikulum nasional dan kurikulum sekolah berlangsung lancar. Ada guru yang bisa mempelajari dan merealisasikannya dengan baik dan cepat, tetapi kadang ada juga yang tidak sebaik itu.

Namun, seharusnya mereka menyesuaikan diri dengan cepat seiring dengan perkembangan zaman dan pembaruan kurikulum.

“Ketika seorang guru mempraktikkan kurikulum baru, ada yang bisa belajar cepat. Mereka memang harus up to date dan terus mengobservasi apa yang terjadi di dunia sekarang ini,” tuturnya.

Dari yang disampaikan itu, Vuorinen pun menyimpulkan bahwa pada dasarnya kurikulum nasional itu merupakan aturan dan tuntutan dasar dalam dunia pendidikan di Finlandia yang sifatnya terbuka, tidak tertutup pada berbagai perubahan yang terjadi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com